Kemendikbud Gelar Konvensi Musik Bambu di Ambon

Fauzan Hilal    •    Kamis, 15 Nov 2018 10:18 WIB
musik
Kemendikbud Gelar Konvensi Musik Bambu di Ambon
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar konvensi musik bambu di Ambon--Medcom.id/Fauzan Hilal.

Ambon: Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar konvensi musik bambu di Ambon. Kegiatan itu diharapkan dapat mendorong Ambon menjadi kota musik dunia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud Sri Hartini mengatakan, pemerintah mendukung penuh Ambon menjadi kota musik dunia.

"Memelihara memanfaatkan dan melestarikan bambu merupakan karya nyata ekspresi budaya yang belum tentu dimiliki negara lain di dunia. Bambu adalah bagian budaya Indonesia yang tidak bisa dipisahkan," kata Sri saat membuka Amboina International Bamboo Music Festival 2018, Rabu, 15 November 2018.

Menurut Sri, Konvensi Amboina dapat dirumuskan untuk mengembangkan musik bambu. Karena bambu bukan saja kesenian budaya, tetapi juga pemersatu bangsa. "Bambu di Indonesia itu pemersatu keberagaman, lintas agama, budaya dan dunia," ujar Sri.

Baca: Ambon Layak Menjadi Kota Musik Dunia

Dia mengatakan untuk mengembangkan dan melestarikan budaya di daerah, Kemendikbud memberikan bantuan alat kesenian ke sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas adat.

Pihaknya juga bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk melakukan penelitian-penelitian musik.

"Melalui narasi penulisan, baik ilmiah maupun non ilmiah, kita mempunyai kekuatan untuk menjadikan Kota Ambon sebagai kota musik dunia pada 2019," terangnya.


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA