Jokowi Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah di Cengkareng

Dheri Agriesta    •    Rabu, 09 Jan 2019 15:53 WIB
sertifikat tanah gratis
Jokowi Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah di Cengkareng
Presiden Jokowi saat membagikan sertifikat tanah. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jakarta: Presiden Joko Widodo membagikan 3.023 sertifikat tanah di Cengkareng, Jakarta Barat. Jokowi menyebut masalah sertifikat tanah di DKI Jakarta akan selesai tahun ini.
 
"Pak Menteri BPN (Sofyan Djalil) menyampaikan bahwa di Jakarta sertifikat semua akan selesai di 2019. Pak Menteri yang janji, saya tinggal lihat akhir tahun selesai enggak, insyaallah selesai," kata Presiden di GOR Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.
 
Jokowi bercerita tentang keluhan masyarakat setiap mengunjungi daerah. Dia kerap mendengar keluhan tentang sengketa lahan. Keluhan itu hampir diterima di setiap provinsi.
 
Ia menyebut sengketa lahan kerap terjadi karena masyarakat tak memiliki sertifikat atas tanahnya. Ketika bersengketa, masyarakat yang tak memiliki sertifikat sering kalah.
 
Seharusnya, kata Jokowi, ada 126 juta bidang tanah yang memiliki sertifikat di seluruh Indonesia. Tapi, baru 46 juta bidang tanah yang memiliki sertifikat.
 
"Dulu setahun Kantor BPN hanya produksi 500 ribu (sertifikat), artinya masyarakat harus tunggu 160 tahun nunggu sertifikat," kata Jokowi.

Baca: Ketika Seorang Nenek Mengaku Janda ke Jokowi

Pemerintah pun memutar otak menyelesaikan masalah penerbitan sertifikat ini. Ternyata, BPN kekurangan juru ukur tanah. Pemerintah pun menambah juru ukur untuk mengebut pekerjaan.
 
"2018 kemarin target saya 7 juta harus rampung, ternyata bisa selesai 9,3 juta sertifikat di seluruh tanah air," jelas Jokowi.
 
Jokowi menyebut Kementerian BPN harus bekerja keras mengebut penerbitan sertifikat. Tak jarang, pegawai BPN harus lembur.
 
Namun, Jokowi puas dengan hasil itu. Apalagi, sertifikat tanah  merupakan bukti hak kepemilikan masyarakat yang sah di mata hukum.
 
"Saya ingat waktu dapat sertifikat pertama kali tahun 1989, senang sekali, tanah kecil 200 meter di Solo. Tanda bukti hak hukum tanah saya miliki jelas, pemegang hak jelas, di kampung mana jelas," kenang Jokowi.




(FZN)