Pembebasan Lahan Kereta Cepat Sudah 90 Persen

Candra Yuri Nuralam    •    Kamis, 14 Feb 2019 11:26 WIB
kereta cepat
Pembebasan Lahan Kereta Cepat Sudah 90 Persen
Dua orang anak bermain di lokasi pabrik pembuatan girder kereta cepat yang telah disegel di Kopo, Bandung, Jawa Barat. Foto: Antara/Raisan Al Farisi.

Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan pembebasan lahan kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 90 persen. Proyek pun diperkirakan rampung dua tahun lagi.

"Target 2021 jadi kalau lahan sudah selesai bisa selesai cepat," kata Zulfikri di Jakarta Selatan, Rabu, 13 Februari 2019.

Proyek kereta cepat mendapat sedikit kendala dengan beberapa warga yang menolak lahannya dijadikan rute. Namun, Zulkifli mengatakan permasalahan itu sudah hampir rampung semua.

Menurut dia, permasalahan terbesar terjadi pada daerah perbukitan. Warga di lokasi masih sulit diajak negosiasi sehingga beberapa pengerjaan tertunda.

Baca: WIKA Kebut Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Pembebasan lahan kan masih spot-spot ya dia harus berkerja kalau sudah clean and clear, sekian kilo clean and clear. Sudah dari awal desainnya ada perhitungan itu untuk masalah perbukitan," tutur Zulkifli.

Sebanyak 14 kelurahan di Kota Bandung, Jawa Barat, dipastikan terdampak pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PT PSBI) sebagai pengelola proyek untuk memperhatikan warga terdampak.

Oded memastikan Pemkot Bandung mendukung penuh proyek pemerintah pusat itu. Bahkan, Oded telah menginstruksikan jajarannya untuk memfasilitasi dan memberikan jalan terbaik agar pembebasan lahan milik warga dapat segera rampung.




(OGI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA