mtq,

MTQ Korpri Diharapkan Pertebal Keimanan Aparatur Sipil Negara

Media Indonesia    •    Jumat, 09 Nov 2018 14:15 WIB
mtq
MTQ Korpri Diharapkan Pertebal Keimanan Aparatur Sipil Negara
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Jakarta: Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IV Tingkat Nasional 2018 bakal digelar di Jakarta, 11-17 November mendatang. Ketua Panitia Nasional HUT ke-47 Korpri, Ukus Kuswara berpendapat nilai keagamaan dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

"MTQ Korpri telah dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan juga di kementerian dan lembaga non-pemerintah yang akhirnya bermuara di tingkat nasional. MTQ Korpri Tingkat Nasional akan memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional selain uang pembinaan," ujar Ukus, yang juga Sekretaris Kementerian Pariwisata, dalam keteranganya, di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Kegiatan MTQ ke-4 ini kali ini bertajuk 'Dengan MTQ Korpri Wujudkan Anggota Korpri yang Berpikir dan Bekerja Cerdas serta Berakhlakul Karimah'. Diselenggarakan Dewan Pengurus Korpri Nasional bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-47 Korpri yang jatuh setiap 29 November.

"Khusus MTQ Nasional dilaksanakan dua tahun sekali dalam rangka HUT Korpri sejak 2012. Pada 2014, MTQ Korpri Tingkat Nasional ke-2 digelar di Banda Aceh dan MTQ Korpri Tingkat Nasional ke-3 dilaksanakan di Samarinda pada 2016 lalu," tambah Ukus. 

MTQ ini bakal diikuti oleh para kafilah yang mewakili 34 provinsi dan 76 kementerian/lembaga. Cabang dan golongan yang dimusabaqahkan atau dilombakan terdiri atas 5 cabang dengan 8 golongan, yakni Tartil Quran (putra dan putri), Tilawah Quran (putra dan putri), Hifzhil Quran terdiri atas golongan Juz 30 (putra dan putri), golongan 2 Juz Plus (surah al-Baqarah/putra dan putri), golongan 5 Juz Plus (surah al-Baqarah sampai an-Nisa/putra dan putri), golongan 7 surat pilihan (al-Kahfi, as-Sajadah, Yasin, ad-Dukhan, ar-Rahman, al-Waqi'ah, dan al-Mulk/putra dan putri).

Kemudian ada cabang Dakwah Quran, golongan da'i dan da'iyah (putra dan putri), dan terakhir cabang Khath Quran, terdiri atas golongan dekorasi (putra dan putri) serta golongan Kaligrafi Kontemporer (putra dan putri). Adapun babak penyisihan MTQ IV berlangsung dari 12 hingga 14 November. Sedangkan final pada 16 November. 


(FZN)