Pesan Nomor Antrean di Kantor Imigrasi Bisa Pakai WhatsApp

Ilham wibowo    •    Jumat, 14 Jul 2017 19:59 WIB
kebijakan imigrasipaspor
Pesan Nomor Antrean di Kantor Imigrasi Bisa Pakai WhatsApp
Warga mendapat kemudahan dalam pengajuan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan dengan layanan early morning service. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Antrean panjang yang selalu menghiasi kantor imigrasi saat memohon pembuatan paspor berakhir. Pemohon kini bisa menjadwalkan kedatangan melalui aplikasi WhatsApp.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat Tato Juliadin Hidayawan mengatakan, perubahan sistem pengambilan nomor antrean berlaku mulai hari ini, Jumat 14 Juli 2017. Pemohon paspor tak perlu menunggu lama di ruang kantor imigrasi lantaran telah mengetahui jadwal pemeriksaan berkas.

"Ini merupakan solusi untuk mengurai antrean panjang oleh pemohon paspor RI yang biasa terjadi di beberapa Kantor Imigrasi di wilayah Jakarta," kata Toto melalui keterangan tertulis, Jumat 14 Juli 2017.

Secara kuantitas, permohonan paspor meningkat signifikan setiap tahunnya. Tercatat 250 hingga 400 pemohon yang datang dan mengantre di kantor imigrasi setiap hari. Menurut Tato, tak sedikit pemohon paspor yang rela datang sejak dini hari hanya untuk mengambil nomor antrean.

"Pemohon paspor dengan berbagai tujuan, tidak hanya dari wilayah DKI tetapi juga berasal dari domisili daerah di luar Ibu Kota," kata dia.

Berbeda dengan sistem online yang dilakukan sebelumya, kini pemohon tidak perlu melakukan verifikasi yang rumit. Layanan tanpa biaya ini cukup dilakukan dengan mengirim nama disertai kode dan dikirimkan ke nomor khusus aplikasi WhatsApp dari kantor imigrasi.

Ia mengatakan, digitalisasi sistem antrean ini bisa mempercepat dan memberikan kepastian dalam proses pelayanan. Selain itu, kode pesan yang hanya bisa dilakukan oleh satu nomor pemohon juga bertujuan mengurangi potensi praktik penyalahgunaan sistem oleh oknum yang tidak bertanggunjawab.

"Satu nama pemohon antrean satu nomor handphone, nanti ada kode khusus yang akan dijawab langsung oleh sistem kantor imigrasi. Sasaran dari semangat perubahan ini haruslah menuju 'zero complaint  government’ karena kalau masih ada komplain, berarti masih ada sistem yang keliru," ujarnya.

Berikut tata cara mendapatkan layanan anteran kantor imigrasi Jakarta Pusat via WhatsApp:

1. Ketik #Nama#Tanggal Lahir#Tanggal Kedatangan#, contoh : #BUDI#25011987#14072017
2. Kirim ke nomor: 0812 9900 4406

Syarat dan kententuan:
1. Wajib menggunakan nomor handphone pribadi;
2. Kode booking harus diperlihatkan saat datang ke kantor imigrasi;
3. Datang 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan;
4. Bila pemohon datang terlambat sebelum jadwal yang ditentukan, kode booking akan hangus, kemudian dipersilakan mendaftar ulang kembali;
5. Persyaratan yang tidak lengkap akan dikembalikan (ditolak);
6. Wajib membawa dokumen asli;
7. Pastikan semua data diri pada dokumen identik dan sama;
8. Paspor rusak atau hilang tidak bisa diajukan via WhatsApp.


(MBM)

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

21 minutes Ago

Zuhro menilai kasus yang menjerat Novanto merupakan kasus terberat yang pernah menimpa pemimpin…

BERITA LAINNYA