Fadli Zon Kecam Penembakan Mobil Satu Keluarga oleh Polisi di Lubuklinggau

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 20 Apr 2017 15:46 WIB
berita dpr
Fadli Zon Kecam Penembakan Mobil Satu Keluarga oleh Polisi di Lubuklinggau
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPRI RI Fadli Zon mengecam penembakan yang dilakukan anggota kepolisian terhadap mobil yang ditumpangi satu keluarga di Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Fadli meminta oknum tersebut dipecat.

Menurut Fadli, tindakan itu termasuk dalam kategori abuse of power dan harus diberikan sanksi berat jika terbukti menyalahi aturan.

"Masak razia SIM sampai tembak-tembakan? Saya kira itu polisi brutal, harus segera ditindak," ujar Fadli Zon, saat ditemui di lobi Nusantara III DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 20 April 2017.

Politikus Gerindra itu mengaku heran dengan kejadian tersebut. Ia tak habis pikir oknum kepolisian secara sembrono menembaki kendaraan warga sipil demi untuk melihat kelengkapan surat-surat berkendara.

"Memang peluru siapa itu? Polisi (pelaku) harus segera dipecat dan dihukum. Kecuali yang bersangkutan (korban) ada perlawanan. Kalau menghindar, tidak boleh pergunakan senjata. Itu ada aturan mainnya," kata Fadli.

Sebuah sedan Honda City yang ditumpangi satu keluarga berjumlah delapan orang menerobos razia kendaraan bermotor yang digelar di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Selasa, 18 April 2017.

Ketika hendak diberhentikan, mobil tidak mau berhenti dan mencoba menabrak anggota yang sedang melakukan razia. Polisi melakukan pengejaran dan memberondong mobil dengan sepuluh kali tembakan.

Akibatnya, satu orang tewas yaitu Surini (54). Ia tewas karena tiga luka tembak di dada. Korban lainnya yaitu anak Surini, Dewi Erlina (40) dengan luka tembak di bahu kiri atas, Novianti (30) tertembak di pundak kanan, Indra (33) tertembak di leher, dan sopir Diki (30) tertembak di perut kiri, Genta (2) terserempet peluru di kepala samping kiri, dan seorang lagi Galih (6) tidak mengalami luka.


(ROS)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

3 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA