Presiden Bahas Tapal Batas Negara dengan Menlu Malaysia

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 11 Aug 2017 23:55 WIB
presiden jokowidaerah perbatasan
Presiden Bahas Tapal Batas Negara dengan Menlu Malaysia
Presiden Joko Widodo. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo membahas tapal batas Indonesia-Malaysia dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Sri Anifa Hj Anam di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden ingin Indonesia-Malaysia bisa mengintensifkan pembahasan tapal batas untuk menghindari konflik.

"Karena batas darat yang paling panjang kita miliki adalah dengan Malaysia, batas laut juga begitu. Karena itu, Presiden menyampaikan agar dilakukan intensifikasi dan negosiasi, sehingga masalahnya bisa segera selesai," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Retno mengatakan, konflik perbatasan dapat memicu insiden hubungan antardua negara. Untuk mencegah konflik itu, kata dia, pemerintah Indonesia dan Malaysia telah sembilan kali bernegosiasi dalam kurun waktu 2015-2017.

"(Pertemuan itu) baik pada tingkat utusan khusus maupun tingkat teknis, dan ini kita akan kaji lagi. Tim teknis untuk batas maritim akan bertemu lagi pada bulan November," jelas Retno.

Retno mengungkapkan, saat ini ada sembilan outstanding boundary problems (OBP) atau masalah perbatasan antara Indonesia-Malaysia. Lokasi tersebut seluruhnya ada di Kalimantan.

"Kita semuanya berbatasan dengan Malaysia, baik Kaltara, Kalbar, dan Kaltim di sepanjang itu kita masih ada sembilan titik lah. paling gampang sembilan titik yang harus kita selesaikan," pungkas Retno.


(DEN)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

3 hours Ago

Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat ikut menyediakan teknologi perekaman KTP-el. Terselip na…

BERITA LAINNYA