Bencana Paling Sering Terjadi di Pulau Jawa

Lis Pratiwi    •    Kamis, 18 May 2017 10:32 WIB
bencana
Bencana Paling Sering Terjadi di Pulau Jawa
Ilustras. Foto: Grafis BNPB

Metrotvnews.com, Jakarta: Pulau Jawa menjadi tempat yang paling sering mengalami bencana hidrologi di Indonesia. Banyaknya populasi menjadi salah satu penyebab bencana di Pulau Jawa.

Hal itu terungkap dalam diskusi publik bertema Kelola Air Cegah Bencana Berkelanjutan di Jakarta Barat, Kamis 18 Mei 2017.
 
Berdasarkan Data dan Informasi Bencana Indonesia (DIBI),  sejak tahun 1815 hingga 2016, Pulau Jawa mengalami 6684 kasus bencana hidrologi. Disusul Pulau Sumatera yang mengalami 2495 bencana, Pulau Sulawesi 1302 bencana, Pulau Kalimantan 138 bencana, dan Papua 15 bencana.
 
Padahal, dari kelima pulau tersebut Pulau Jawa merupakan wilayah terkecil dengan luas 126.700 Km2. Sementara pulau terluas, yakni Papua dengan 786.000 Km2 dan Kalimantan dengan luas 743.330 Km2 justru mengalami paparan bencana hidrologi terendah.
 
Faktor manusia dinilai sebagai salah satu penyebab banyaknya bencana yang timbul. Hingga tahun 2010, Pulau Jawa memiliki jumlah penduduk terpadat dengan 136.610.590 jiwa atau 58% dari total warga Indonesia.
 
United Nations Officer for Disaster Risk Reducation (UNISDR) menyebutkan bencana hidrologi mencakup banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan kekeringan. Pesatnya pertumbuhan manusia dinilai sebagai faktor utama bencana ini.
 
Bencana hidrologi juga disebabkan faktor alami seperti karakter topografi dan curah hujan. Namun, pengaruh tersebut tidak sebanding dengan peran manusia yang dinilai cukup signifikan dalam mempengaruhi terjadinya bencana tersebut.
 
Pernyataan ini dikuatkan dengan data dari Yayasan Lestari Indonesia (YLI) bahwa penyebab banjir di Indonesia sebelum tahun 1970-an adalah faktor alam. Tetapi, periode berikutnya diakibatkan perilaku manusia terhadap lingkungan. Menurut YLI, salah satu cara mengatasi bencana hidrologi adalah pengelolaan air yang baik.
 
 
(FZN)

Elza Syarief Tuding Yulianis Diistimewakan KPK

Elza Syarief Tuding Yulianis Diistimewakan KPK

7 hours Ago

Kuasa hukum Nazaruddin, Elza Syarief menggelar konferensi pers menanggapi pernyataan Yulianis. …

BERITA LAINNYA