Menteri Darmin Yakin Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan SDM

Faisal Abdalla    •    Kamis, 05 Jul 2018 10:41 WIB
infrastruktur
Menteri Darmin Yakin Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan SDM
Pekerja sedang menyelesaikan proses pembangunan proyek jalur kereta Light Rail Transit (LRT) di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu (3/6). MI/PIUS ERLANGGA.

Jakarta: Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan fokus pemerintahan Jokowi-JK pada infrastruktur untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Darmin membantah pemerintah hanya fokus pada pembangunan fisik.

"Di bidang ekonomi pemerintahan ini yang utama adalah membangun infrastruktur untuk membangun kapasitas (SDM). Membangun kapasitias kalau tidak memiliki infrastruktur memadai, pasti banyak kelemahan," kata Darmin dalam diskusi bertajuk 'Program Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia,' di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 5 Juli 2018. 

Darmin menjelaskan, pemerintah justru sangat fokus dengan pembangunan kapasitas SDM. Pembangunan SDM dilakukan pemerintah melalui pendidikan dan pelatihan.

Lebih lanjut lagi, Darmin mengatakan SDM Indonesia harus bersiap menghadapi era industri 4.0. Darmin mengajak semua pihak untuk bersama-bersama belajar menghadapi era industri digital yang tengah mewabah.

"Dengan revolusi industri yang mewabah sampai ke seluruh dunia saat ini, kita harus mempersiapkan diri untuk mulai mendengar orang lain, usulan dan pikiran orang lain serta bekerja bersama orang lain," pungkas Darmin. 

Diskusi bertajuk 'Program Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia' digelar oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) bekejasama dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pengajar senior dari Massachusetts Institute of Technology, C. Otto Scharmer dihadirkan sebagai pembicara utama.


(DEN)