Menteri Kofifah Ingatkan Masyarakat Pentingnya Pancasila

Nur Azizah    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:30 WIB
nkri
Menteri Kofifah Ingatkan Masyarakat Pentingnya Pancasila
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (kiri) berbincang dengan Yeni Wahid

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Sebab, ideologi negara itu menjadi barang mahal buat menjaga persatuan bangsa.
 
Khofifah mengatakan, masyarakat harus membangun kesadaran Bhineka Tunggal Ika. Menurutnya, keberagaman bukan berarti memberi ruang untuk perpecahan. Seharusnya, kata dia, keberagaman menjadi alasan persatuan.
 
"Kita harus ingatkan, nusantara ini beragam pulau, suku, dan agama. Yang mengikat kita adalah Pancasila. Karena itu kita harus jaga persatuan," kata Khofifah di Silang Barat Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).
 
Ia menuturkan, parade Nusantara Bersatu bertujuan untuk memperkokoh persaudaraan masyarakat Indonesia. Acara ini diinisiasi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
 
"Kita harus ingat, kita satu tanah air. Perbedaan itu merupakan keragaman dan Persatuan," kata Khofifah.
 
Pantauan Metrotvnews.com, selaian Khofifah, acara itu juga dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksamana dan Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono.

Tampak juga tokoh lainnya seperti Yeni Wahid, Ketua MUI Jawa Tengah Habib M. Lutfi, dan sesepuh ormas Islam Majelis Rasulullah Habib Nabil.
 
Lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Tanah Airku, dan Merah Putih melantun merdu. Tak ketinggalan, kesenian dari berbagai berbagai daerah juga tampil memukau.

(FZN)