Nama dari Polri yang Disodorkan ke KPK Dipastikan Berkompeten

Faisal Abdalla    •    Senin, 12 Mar 2018 18:56 WIB
kpk
Nama dari Polri yang Disodorkan ke KPK Dipastikan Berkompeten
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Mohammad Iqbal - Medcom.id/Faisal Abdalla.

Jakarta: Mabes Polri mengirimkan tiga nama perwira tinggi sebagai calon Deputi Penindakan dan tiga nama perwira menengah sebagai calon Direktur Penyidikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Polri memastikan semua nama-nama yang diajukan ke KPK berkompeten.

"Mereka ini punya rekam jejak yang baik. Berpengalaman di bidang reserse, berpengalaman juga sebagai kepala satuan wilayah karena tentunya nanti kemampuan manajerial dan leadership mereka dibutuhkan di KPK," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Mohammad Iqbal di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin, 12 Maret 2018.

Iqbal mengatakan keenam perwira Polri tersebut sudah menjalani tes. Iqbal yakin mereka memiliki kemampuan dan integritas yang memadai untuk memperkuat komisi anti-rasuah.

"Jadi semua yang ditunjuk Polri itu sudah pernah melakukan tugas penyelidikan dan penyidikan beberapa kasus besar. Bukan hanya kasus korupsi. Walaupun nanti bekerja di bidang korupsi, tapi mereka tetap harus punya pengalaman melakukan pnyidikan tindak pidana lain," ujarnya.

(Baca juga: Pihak Internal Calonkan Diri Sebagai Dirdik KPK)

Lebih lanjut lagi, Iqbal mengatakan, proses pengajuan nama keenam nama itu melalui mekanisme yang ketat dengan merujuk pada rekam jejak dan pengalaman. Ia berharap jika terpilih, perwira-perwira itu bisa mengharumkan institusi Polri.

"Kita ajukan sudah melalui proses di Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi). Mereka dilihat bagaimana rekam jejaknya, kinerja, sampai integritasnya. Intinya kita lakukan scanning kepada mereka karena mereka nanti di KPK tentunya membawa nama baik Polri," tutur dia. 

Polri mengajukan tiga nama untuk mengisi jabatan Deputi Penindakan KPK yang ditinggalkan Irjen Heru Winarko yang kini menjabat sebagai Kepala BNN. Nama-nama itu diantaranya; Kepala Biro Pengkajian dan Strategi Sistem Operasi Mabes Polri, Brigjen Toni Harmanto; Perwira Menengah Staf Sumber Daya Manusia Mabes Polri, Brigjen Abdul Hasyim Gani; serta Kapolda NTB, Brigjen Firli.

Selain itu, Polri juga mengirimkan tiga nama perwira menengah untik posisi calon Direktur Penyidikan yang saat ini ditempati oleh Brigjen Aris Budiman. Nama-nama itu diantaranya; Penyidik Polri yang bertugas di KPK, Kombes Edy Supriyadi; Staf SDM Mabes Polri, Kombes Andy Hartoyo, serta Kepala Sub-direktorat IV Tipikor Bareskrim Polri, Kombes Djoko Poerwanto. 

(Baca juga: KPK Beberkan Nama Calon Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan)




(REN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA