Mensos Dorong Pemkab Cirebon Tuntaskan Bansos Rastra

Misbahol Munir    •    Selasa, 27 Feb 2018 15:05 WIB
bansos
Mensos Dorong Pemkab Cirebon Tuntaskan Bansos Rastra
Mensos Idrus Marham menyerahkan dana bantuan sosial PHK dan rastra ke Pemkab Cirebon. Foto: Dok/Istimewa

Jakarta: Penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon baru mencapai 79 persen. Dalam acara pencarian Program Keluarga Harapan (PKH) dan Rastra di Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Senin, 26 Februari 2018, Menteri Sosial Idrus Marham meminta pemkab bisa memenuhi bulan tuntas bansos Februari ini.

"Masih ada waktu beberapa hari. Mari kita dorong agar Pemkab Cirebon bisa memenuhi target bulan tuntas bansos," kata Idrus dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 27 Februari 2018.

Dari data yang ada di Kabupaten Cirebon terdapat 104.526 keluarga penerima PKH reguler dengan nilai Rp197.554.140.000. Kemudian untuk bansos rastra terdapat 165.213 keluarga dengan nilai  Rp218.081.160.000.

Dirjen Linjamsos Harry Hikmat meminta penerima manfaat menggunakan bantuan yang ada dengan baik. "Terutama untuk mempersiapkan pendidikan agar anak meraih prestasi yang tinggi," kata Harry.

Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyawati mengharapkan kontribusi lebih besar dari pendamping PKH dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) bansos rastra. Sehingga, pendistribusian bansos di Kabupaten Cirebon tuntas pada akhir Februari ini.

Bahkan, BNI memberikan kemudahan kepada penerima manfaat yang berniat mencairkan bantuan tunai, yakni melalui outlet, cabang, dan ATM BNI yang tersebar di Cirebon.  

"Ibu-ibu juga bisa mencairkan melalui ATM dari bank-bank HIMBARA, yakin BRI, BTN, dan Bank Mandiri," ujar Adi.
 
Dengan jaringan yang ada, Adi yakin akan membantu kelancaran upaya para pendamping dan Pemkab Cirebon dalam menuntaskan pendistribusian bansos pada bulan ini.

Sementara Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Andi ZA Dulung mengatakan bansos rastra tidak dikenakan pungutan sama sekali.

Idrus pun berpesan agar ibu-ibu penerima bansos menjaga pendidikan anak. Bila dimanfaatkan dengan baik, bansos PKH efektif mendukung pendidikan anak.

"Ibu-ibu tolong anaknya dijaga dan dibimbing dengan baik. Jadikan anak-anak kita generasi yang berprestasi. Kalau nanti berprestasi, Pak Jokowi akan memberikan bonus," kata mantan Sekjen Golkar itu.


(MBM)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA