Berikan Generasi Muda Kebebasan dengan Tetap Mengamalkan Empat Pilar

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 21 Sep 2016 18:21 WIB
mpr ads
Berikan Generasi Muda Kebebasan dengan Tetap Mengamalkan Empat Pilar
Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang bersama mahasiwa UGM (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak muda biasanya menginginkan kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat, dan sebagainya untuk menghasilkan suatu kreativitas. Namun, tak sedikit dari mereka yang dikekang oleh keluarga dan lembaga sehingga menghambat kreativitas.

Mengekang anak muda kata Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta adalah suatu kekeliruan. Dengan diberi kebebasan, anak muda seperti mahasiswa bisa menghasilkan kreativitas yang menunjukkan kecintaan kepada negara.

"Jangan larang pemuda. Biar dengan kreativitasnya mereka bisa mencintai bangsa, jangan diatur-atur. Saya waktu muda kalau diatur-atur, saya berontak," ujar Oesman Sapta, di hadapan para mahasiswa UGM di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2016).

Oesman menekankan agar anak muda diberi pilihan memilih gayanya sendiri, mengalir dengan sendirinya. Biarkan anak muda bebas berekspresi asalkan menghayati Empat Pilar agar tidak menggunakan kebebasan sebebas-bebasnya.

"Mereka ingin kebebasan, ada kontrol, ada komitmen mereka," ujar Oesman.

Dengan adanya kebebasan, Oesman tidak ragu jika generasi pemuda mendatang akan semakin mencintai Indonesia dan senang mengenalkan budaya Indonesia kepada negara lain.


(ROS)

Video /