Perbincangan Jokowi Saat Menyopiri Megawati dan JK

Dheri Agriesta    •    Kamis, 10 Jan 2019 13:23 WIB
pdi perjuanganpresiden jokowi
Perbincangan Jokowi Saat Menyopiri Megawati dan JK
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Sukarno Putri di Istana Negara, Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani.

Jakarta: Presiden Joko Widodo menghadiri acara ulang tahun dan rakornas PDI Perjuangan di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Saat menuju lokasi acara, Jokowi menyopiri mobil yang ditumpangi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Jokowi mengendarai mobil golf putih dari ruang tunggu VVIP menuju lokasi acara di Hall B Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019. Di sebelahnya, duduk Megawati mengenakan kemeja hitam bercorak merah.

Kursi belakang ditempati Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Jokowi, Megawati, Kalla, dan Puan terlihat akrab berbincang. 

Megawati dalam pidato pembukaan mengungkap secuil pembicaraan di mobil golf itu. Presiden kelima Indonesia itu menyebut Jokowi menanyakan jumlah peserta yang hadir dalam acara ini. 

"Saya jawab, ini mungkin pengurus anak cabang (PAC) sekitar enam ribuan (peserta)," kata Megawati. 

Megawati menyebut Jokowi heran acara ini hanya mengundang pengurus di tingkat anak cabang yang setara kecamatan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bertanya kenapa tidak sekalian mengundang pengurus ranting dan anak ranting. 

Megawati tertawa mendengar pertanyaan Jokowi itu. Putri Presiden Sukarno itu menjawab tidak ada tempat yang bisa menampung jika undangan disebar hingga tingkat anak ranting. 

Baca: PDI Perjuangan Gelar HUT ke-46

"Karena kalau sampai tingkat anak ranting diundang dua orang saja itu bisa mencapai tiga juta," kata Megawati.

Jokowi pun membenarkan cerita itu. Saat memberikan sambutan, Jokowi juga membeberkan percakapan di mobil golf. Jokowi mengusulkan mengundang dua perwakilan pengurus hingga tingkat anak ranting. 

"Ternyata setelah dihitung jumlahnya lebih dari tiga juta, tempatnya di mana itu?" kata Jokowi tertawa disambut riuh peserta. 




(OGI)