Sisi Positif Pertemuan IMF di Bali

Arga sumantri    •    Senin, 12 Mar 2018 16:21 WIB
imf-world bank
Sisi Positif Pertemuan IMF di Bali
Diskusi "Menakar Kesiapan Melaksanakan Annual Meetings IMF Oktober 2018". Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.

Jakarta: Ada angin segar di balik terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank 2018 di Bali. Kondisi ini menunjukkan kepercayaan dunia terhadap perekonomian Tanah Air.

"Karena tidak mungkin pertemuan World Bank dan IMF di negara konflik atau ekonominya amburadul," kata akademisi Universitas Paramadina Firmanzah dalam diskusi "Menakar Kesiapan Indonesia Melaksanakan Annual Meetings IMF-World Bank 2018", di Gedung Metro TV, Kedoya, Jakarta, Senin, 12 Maret 2018.

Firmanzah menilai dunia sudah melihat ekonomi Indonesia berkembang cukup baik. Kendati begitu, dia menilai masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. "Terpilihnya kita sebenarnya sudah jadi satu kemenangan," ujar dia. 

Bagi Firmanzah, ada dua hal yang menjadi target Indonesia dalam forum IMF-Bank Dunia. Pertama, soal kesuksesan penyelenggaraan. Namun, paling penting adalah muatan substansi atau agenda utama yang bisa dibawa Indonesia mewakili kepentingan negara-negara berkembang anggota IMF.

"Agenda-agenda yang selama ini terlewatkan dalam annual meetings, bisa kita sodorkan. Baik yang regional, global, atau domestik," ujarnya. 

Baca: Indonesia akan Angkat Ekonomi Syariah di Pertemuan IMF-Bank Dunia

Menurut dia, Indonesia pernah menjadi negara pemimpin dalam menyuarakan aspirasi kepentingan negara berkembang. Belakangan, kata dia, peran itu mulai hilang dari Indonesia.

"Setiap kali kita ketemu teman-temab di ASEAN, mereka rindu Indonesia kembali mengisi ruang yag selama in in ditinggalkan, yaitu leadership. Annual meetings ini peluang untuk mengisi," ujarnya. 

Ia berharap Indonesia tak sekadar menargetkan diri menjadi tuan rumah yang baik. Sebagai tuan rumah, Firmanzah menilai Indonesia harus mendorong dan memerjuangkan kepentingan-kepentingan nasional, regional, maupun global.


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA