Sjahruddin Rasul Pernah tak Digaji Hampir 2 Tahun

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 23 Dec 2017 17:58 WIB
kpkobituari
Sjahruddin Rasul Pernah tak Digaji Hampir 2 Tahun
Sjahruddin Rasul saat masih menjabat sebagai Wakil Ketua KPK pada 2007. Foto: Antara/Fouri Gesang

Jakarta: Almarhum Sjahruddin Rasul digambarkan sebagai sosok sederhana, jujur, dan giat dalam menjalani pekerjaan. Ia bahkan pernah tidak digaji oleh pemerintah selama hampir dua tahun selama menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2003-2007. 

"Beliau pejabat tinggi BPKP, Komisioner KPK, tapi hidupnya sederhana. Kedua keuletan dan kejujurannya. Awal-awal jadi pimpiman hampir 2 tahun mereka tak terima gaji," kata Wakil Ketua KPK ‎Laode Muhammad Syarif, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu, 23 Desember 2017.

Laode juga menceritakan bagaimana semasa hidup Sjahruddin tak pernah mau merepotkan orang lain. Salah satunya, Sjahruddin tak pernah mau dijemput jika menghadiri sebuah acara.

"Karena waktu itu belum ada mobil dinas, uang masih kurang, dia naik taksi," tutur Laode.

Lanjut Laode, sosok Sjaruddin juga merupakan orang yang serius mengkampanyekan soal antikorupsi. Tak hanya itu, dia juga sangat konsen pada transparansi dan akuntabilitas.

Baca: KPK: Sjahruddin Rasul Sosok yang Berbakti kepada Negara

‎"Tapi betul-betul dia semangat. Dia concern dengan akuntabilitas, transparansi. Dia juga kampanyekan terus antikorupsi, dia juga sampai tengah malam bekerja, itu karena dia giat dengan antikorupsi," papar dia.

Adapun kasus yang pernah ditangani Sjahruddin Rasul, Laode menyebutkan, masalah bupati dan KPU. ‎Semua itu ditanganinya dengan baik. 

‎"Saya lupa. Kayaknya bupati atau apa, tapi habis itu yang mulai paling besar Abdullah Puteh, dan KPU itu Mulyana Kusuma. Sejak itu merek ajukan diri KPK yang dibentuk beda dari bentukan yang dulu," tutup Laode.

Sjahruddin Rasul meninggal Rumah Sakit Islam, Cempaka Putih,  Jakarta Pusat karena sakit. Sjahruddin wafat pada usia 74 tahun.‎


(DMR)

KPK Tunggu Pemberitahuan Praperadilan Fredrich

KPK Tunggu Pemberitahuan Praperadilan Fredrich

5 hours Ago

Hingga kini KPK masih fokus menuntaskan proses penyidikan kasus merintangi perkara korupsi KTP-…

BERITA LAINNYA