Hak Kekayaan Intelektual Anak Bangsa Harus Diperhatikan

Ilham wibowo    •    Jumat, 13 Apr 2018 18:58 WIB
industri kreatif
Hak Kekayaan Intelektual Anak Bangsa Harus Diperhatikan
Ketua DPR Bambang Soesatyo - Medcom.id/Ilham Wibowo.

Jakarta: Pemerintah diminta memerhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) industri kreatif anak bangsa. Status perlindungan menjadi penting agar hasil kreativitas ataupun produk yang diciptakan aman dari pembajakan. 

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan perlunya mendorong Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Direktorat Jenderal HAKI guna melakukan dialog dan sosialisasi kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Menurut dia, masyarakat dan pelaku usaha perlu mendapat pemahaman perlindungan industri kreatif.  

"Memahami pentingnya HAKI atas hasil kreativitas atau produk bagi pelaku industri, guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya melindungi kekayaan intelektual bangsa," ujar Bamsoet melalaui pesan singkat, Jumat, 13 April 2018. 

Direktorat Jenderal HAKI juga didorong agar dapat memberikan bantuan, seperti memberi kemudahan persyaratan perizinan, khususnya mengenai biaya pendaftaran. Tingginya biaya dinilai menjadi salah satu penyebab minimnya pelaku industri kreatif dalam mendaftarkan produknya ke HAKI. 

(Baca juga: Kerennya Gaya Jokowi Turing Pakai Chopper)

"Mendorong para pelaku industri kreatif untuk segera mendaftarkan produknya ke HAKI, guna memberikan perlindungan khusus terhadap hasil kreativitas ataupun produk yang diciptakan dari pembajakan," ujar Politikus Golkar ini. 

Dari 8,2 juta pelaku industri kreatif, hanya 11 persen yang terdaftar di HAKI. Menurut Bamsoet, selain kemudahan yang diberikan pemerintah, semangat para pelaku industri kreatif juga perlu didorong untuk terus berkarya, sehingga mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional. 

"Mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk  membuat regulasi terkait dengan produksi yang diciptakan dan dijual melalui media online," tuturnya.  

Bamsoet menambahkan, upaya meningkatkan kapasitas bisnis kreatif di Tanah Air, seluruh stakeholders industri kreatif nasional perlu ikut tergerak. Perlindungan produk yang diciptakan oleh pelaku industri kreatif bisa meningkat dengan kesadaran akan pentingnya melindungi kekayaan intelektual bangsa.

(Baca juga: Desainer Jaket Presiden tak Ambil Pusing Kritikan Warganet)





(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA