Lindungi TKI, KBRI Singapura Berlakukan Kartu Pekerja Indonesia-Singapura

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 28 Nov 2016 11:47 WIB
kbri singapura
Lindungi TKI, KBRI Singapura Berlakukan Kartu Pekerja Indonesia-Singapura
TKI di SIngapura mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan KPIS. Foto: Dok. KBRI Singapura

Metrotvnews.com, Jakarta: KBRI Singapura tak henti berupaya untuk melindungi TKI di Negeri Singa tersebut. Salah satunya adalah dengan memberlakukan Kartu Pekerja Indonesia-Singapura (KPIS), yang memberikan banyak keuntungan bagi TKI di Singapura.

'Kartu sakti' tersebut bukan hanya sebagai identitas diri saja, namun juga memberikan kemudahan para TKI dalam mengakses berbagai informasi yang disampaikan oleh KBRI setempat. Baik berupa informasi kegiatan, informasi kemudahan, pengaduan secara online dan juga sederet produk yang bisa memberikan keuntungan bagi TKI di Singapura.

Oleh karena itu, KBRI mewajibkan TKI di Singapura, khususnya yang bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan KPIS. Seperti halnya yang dilakukan pada hari Minggu, (27/11/2016) lalu.   

Meskipun kemarin adalah hari libur bagi KBRI Singapura, namun mereka membuka layanan KPIS untuk para TKI. KPIS pun mendapat tanggapan positif dari TKI, terbukti dari banyaknya para pahlawan devisa yang memanfaatkan waktu libur mereka untuk datang ke KBRI Singapura dan mendaftar KPIS. 

Menurut Fungsi PWNI-BHI dan Staf Teknis Tenaga Kerja KBRI Singapura, KPIS merupakan inovasi KBRI Singapura dalam memberikan perlindungan WNI yang didominasi pekerja PLRT dengan cara memanfaatkan teknologi. Sehingga diharapkan bisa meminimalisir kendala-kendala yang dihadapi dalam memberikan kehidupan dan menjangkau seluruh TKI di Singapura.  

Mengingat banyaknya TKI di Singapura dan keterbatasan SDM di KBRI Singapura, dengan KPIS paling tidak bisa menjangkau keseluruhan tenaga kerja. Selain itu, dengan pemanfaatan teknologi tersebut (KPIS), para TKI juga bisa merasakan perlindungan dari pemerintah Singapura.


(ROS)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

26 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA