Wapres Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Kalibata

Ilham wibowo    •    Sabtu, 10 Nov 2018 09:18 WIB
hari pahlawan
Wapres Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Kalibata
Wapres Kalla Memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan/Medcom.id/Ilham Wibowo

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018. Upacara digelar untuk mengenang pertempuran di Surabaya 73 tahun silam.

Wapres Kalla bersama Ibu Mufidah Kalla tiba di kawasan TMP pukul 08.00 WIB. Kalla langsung memimpin upacara sekaligus Ziarah Nasional Hari Pahlawan 2018.

Kalla meletakkan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan, tepat di bawah patung Garuda. Ia kemudian melanjutkan kegiatan dengan menyampaikan doa serta tabur bunga di makam para pahlawan.

Baca: Abdurrahman Baswedan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo; serta Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengadiri acara tersebut. Petinggi TNI-Polri maupun para veteran turut hadir.

Di sisi lain, Anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Abdurrahman Baswedan dianugerahi gelar pahlawan nasional pada peringatan Hari Pahlawan 2018. Perhargaan itu disampaikan Presiden Joko Widodo. di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 8 November 2018. Status pahlawan nasional juga diberikan kepada enam tokoh nasional lainnya.

Abdurrahman Baswedan menjadi pahlawan nasional dari DI Yogyakarta. Depati Amir menjadi pahlawan nasional dari Bangka Belitung, Pangeran Muhammad Noor dari Kalimantan Selatan, Kasman Singodimedjo dari Jawa Tengah, KH Sjam'un dari Banten, serta Agung Hajjah Andi Depu dari Sulawesi Barat.




(OJE)