450 Tenda untuk Sekolah Darurat Segera Tiba

   •    Kamis, 11 Oct 2018 10:46 WIB
Gempa Donggala
450 Tenda untuk Sekolah Darurat Segera Tiba
Sejumlah pelajar mengikuti kegiatan belajar di tenda darurat halaman SMP Negeri 1 Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: ANTARA/Basri Marzuki)

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan sekolah darurat akan terus dibangun. Hal ini untuk memastikan kegiatan pendidikan tidak terputus pascabencana.

Ia mengaku telah mendapatkan informasi bahwa wilayah terdampak gempa dan tsunami Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah, akan menerima lebih banyak bantuan tenda untuk mendirikan sekolah darurat.

"Laporan dari sekjen, UNICEF mengirim lagi 450 tenda dari Denmark yang sekarang dalam perjalanan ke Balikpapan dan akan kita bawa ke Palu dan sekitarnya," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Metro Pagi Primetime, Kamis, 11 Oktober 2018.

Selain tenda, rumah darurat yang dikhususkan untuk kegiatan belajar mengajar juga ikut dibangun. Rumah darurat didirikan oleh masyarakat dengan sokongan dana dari pemerintah.

Sementara itu, sekolah-sekolah yang tersisa disebut sudah kembali beraktivitas seperti biasa. Kendati, beberapa di antaranya melaporkan bahwa hanya beberapa ruangan yang masih bisa digunakan.

"Mereka menyampaikan tidak perlu dibantu tenda darurat karena kelas bisa dimanfaatkan secara bergantian. Tetapi, tenda akan tetap kami kirim untuk membantu agar kegiatan belajar berjalan normal," kata dia.

Selain sekolah darurat, pemerintah berkomitmen memberikan tunjangan kepada guru dan dosen yang menjadi korban bencana. Hal ini sesuai dengan amanah undang-undang.

Namun, ia akan lebih dulu melihat apakah kemampuan anggaran dapat mengakomodasi hal itu. Pemerintah, kata dia, tengah memikirkan sumber dana yang bisa digunakan untuk memberikan tunjangan.

"Jadi, mohon bersabar, sedang kita pikirkan. Kita akan penuhi agar para guru dan dosen tetap semangat melaksanakan tugas seperti sedia kala," pungkasnya.




(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA