Penyelundup Satu Ton Sabu Sudah Lama di Indonesia

Arga sumantri    •    Jumat, 14 Jul 2017 15:32 WIB
sabupenyelundupan narkotika
Penyelundup Satu Ton Sabu Sudah Lama di Indonesia
Dir Resnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta saat diwawancara oleh Media Indonesia di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (24/1). MI/ARYA MANGGALA

Metrotvnews.com, Jakarta: Para penyelundup satu ton sabu sudah lebih dari satu bulan di Tanah Air. Mereka serius memetakan lokasi dan mengatur siasat.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan, selama 1,5 bulan terakhir empat penyelundup menyurvei lokasi dan menginap di Jakarta.

"Mereka turun di Jakarta, selama 1,5 bulan menginap di Jakarta, berkomunikasi dengan beberapa orang, kemudian melakukan survei," jelas Nico di Markas Polda Metro Jaya, Jumat 14 Juli 2017.

Baca: Buron Penyelundup 1 Ton Sabu Ditangkap di Cilegon

Selama kurun waktu itu, polisi terus membuntuti dan mengawasi gerak-gerik pelaku. Polisi menunggu waktu tepat menyergap. "Pada saat survei, anggota kami (mengikuti) sangat hati-hati," ucap Nico.

Selama menyurvei, pergerakan pelaku sangat hati-hati. Mereka berhenti tiga sampai empat jam untuk memastikan tak ada yang mengikuti. "Mereka hati-hati sekali dan kita harus lebih hati-hati," kata Nico.

Baca: Penyelundup 1 Ton Sabu Dibekali Duit Rp200 Juta

Akhirnya polisi menemukan waktu yang tepat pada Kamis 13 Juli 2017 dini hari. Polisi menyergap pelaku di Dermaga eks Hotel Mandalika, Anyer, Serang, Banten. Polisi mendapati satu ton sabu dari tangan para pelaku.

Empat penyelundup yang dibekuk yakni Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, Liao Guan Yu, dan Hsu Yung Li. Lin Ming Hui tewas dalam penggerebakan karena melawan dan membahayakan aparat.
Sementara, Chen Wei Cyuan dan Liao Guan Yu berhasil ditangkap hidup-hidup.

Hsu Yung Li sempat buron, namun berhasil ditangkap kemarin sore. Ia dicokok saat coba kabur dengan menyetop bus pariwisata di Cilegon.


(YDH)

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

24 minutes Ago

Zuhro menilai kasus yang menjerat Novanto merupakan kasus terberat yang pernah menimpa pemimpin…

BERITA LAINNYA