Ide Jokowi Gunakan Pakaian Adat saat HUT RI Tercetus di Hari Pancasila

Husen Miftahudin    •    Jumat, 18 Aug 2017 11:22 WIB
hut kemerdekaan
Ide Jokowi Gunakan Pakaian Adat saat HUT RI Tercetus di Hari Pancasila
HUT Kemerdekaan Ke-72 RI di Istana Merdeka, tamu undangan menggunakan pakaian adat - MI/AGUS SUPARTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Perayaan ulang tahun ke-72 RI berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, seluruh tamu undangan mengenakan pakaian adat.

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang (Oso) membeberkan, perayaan kemerdekaan Indonesia dengan mengenakan pakaian adat merupakan ide Presiden Joko Widodo. Ide itu tercetus ketika Jokowi menghadiri perayaan Hari Pancasila di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Dia (Jokowi) begitu antusias melihat pakaian adat yang begitu bagus. Beliau mengatakan, 'Bagaimana kalau 17 Agustus kita pakai pakaian adat semua?' Semua setuju karena idenya sangat bagus sekali," beber Oso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

Oso mengaku antusias dengan ide Jokowi mengenakan pakaian adat saat perayaan HUT ke-72 RI di Istana Merdeka. Bahkan, Ketua Umum Partai Hanura ini mendapat hadiah sepeda dari Jokowi lantaran kostum adatnya menjadi yang terbaik dibandingkan para undangan lainnya.

"Saya juga kaget. Kagetnya kenapa? Saya dapat nomor (untuk dapat hadiah sepeda dari Jokowi) juga," ungkap dia.

Pemenang Kostum terbaik, Suswati Karnavian dan Oesman Sapta Odang - ?MI/AGUS SUPARTO


Saat perayaan puncak di Istana Merdeka kemarin, Oso mengenakan kostum adat Minang. Selain Oso, empat tamu undangan lain juga memperoleh sepeda dari Jokowi.

Mereka adalah Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly yang mengenakan pakaian adat Nias, istri Kapolri Tri Suswati Karnavian yang mengenakan pakaian adat Papua, Asisten Ajudan Presiden Syarief yang mengenakan kostum adat Dayak dan Aganti yang kenakan kostum adat Dayak.

Pemenang Kostum terbaik, Menteri Yasonna Laoly dan Aganti - ?MI/AGUS SUPARTO




(REN)

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

58 minutes Ago

Usai menjalani pemeriksaan awal di KPK, tersangka kasus korupsi KTP-el Setya Novanto ditempatka…

BERITA LAINNYA