Maranatha Job Fair 2017 Tuai Apresiasi

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 12 Oct 2017 14:11 WIB
beasiswa osc
Maranatha Job Fair 2017 Tuai Apresiasi
Ilustrasi. Shutterstock

Metrotvnews.com, Jakarta: Lebih dari enam ribu orang memadati kampus Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Mereka menghadiri Maranatha Job Fair 2017 yang diikuti sekitar 41 perusahaan nasional maupun multinasional.

Ajang tersebut menuai apresiasi dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Asep Cucu Cahyadi. Dia memuji Maranatha Job Fair 2017 yang diselenggarakan pada Selasa 10 Oktober dan 11 Oktober 2017. Menurutnya, untuk mengatasi masalah pengangguran dibutuhkan sinergi antara pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, dan masyarakat.

"Universitas Kristen Maranatha sebagai institusi pendidikan berupaya memfasilitasi alumni dan warga Kota Bandung dalam mencari pekerjaan serta membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui bursa kerja. Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Universitas Kristen Maranatha karena telah ikut bersinergi untuk mengatasi permasalahan perekonomian ini," ujar Asep saat pembukaan Maranatha Job Fair 2017.

Upaya Universitas Kristen Maranatha memfasilitasi para pencari kerja juga mendulang animo cukup tinggi dari para pencari kerja.

"Animo para job seeker dalam acara ini sangatlah tinggi. Sinergi antara pemerintah, universitas yang menyelenggarakan, perusahaan yang berpartisipasi dan membuka lapangan pekerjaan, serta masyarakat yang antusias, permasalahan pengangguran ini diharapkan dapat terselesaikan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia dapat terus meningkat dan dapat bersaing dengan negara lainnya," kata Ketua Panitia Yolla Margaretha melalui siaran pers, Kamis 10 Oktober 2017.

Indonesia salah satu negara berkembang dengan tingkat pertumbuhan perekonomian 5,02 persen pada 2016. Ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. Hal tersebut terjadi karena masih adanya permasalahan yang menghambat tingkat pertumbuhan perekonomian, salah satunya adalah pengangguran.

Tingkat pengangguran di Indonesia pada 2016 sebanyak 7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Di Bandung, angka pengangguran lebih besar daripada tingkat pengangguran secara nasional, yaitu 9,02 persen dari total penduduk.

Angka tersebut menurun jika dibandingkan dengan 2013, yaitu 10,98 persen (data BPS).


(TRK)