Kapal TNI akan Diangkat dari Dasar Laut

Fachri Audhia Hafiez    •    Rabu, 14 Mar 2018 11:56 WIB
tni ad
Kapal TNI akan Diangkat dari Dasar Laut
Ilustrasi: Prajurit TNI AD keluar dari lambung Kapal Motor Cepat (KMC) Komando saat peluncuran dan uji coba di Pantai ABC Ancol, Jakarta Utara. Foto: MI/Immanuel Antonius.

Jakarta: Kapal Motor Cepat (KMC) Kodam Jaya akan dievakuasi dari dasar perairan Kepulauan Seribu. Upaya itu dilakukan untuk mengetahui penyebab kapal tenggelam.

"Kapal akan diangkat," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung Soedirman, Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 14 Maret 2018.

Hadi pun belum bisa memastikan penyebab kecelakaan kapal. Dia juga belum bisa bicara banyak soal insiden tank yang tenggelam di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah.

"Pergerakan tank akan diurut untuk keperluan investigasi," jelas dia.

Menurut dia, tim tengah menyelidiki secara mendalam untuk mengetahui penyebab pasti dari dua peristiwa itu. Pasalnya, insiden itu bisa disebabkan faktor kelalaian manusia atau kendala teknis.

Baca: KSAD Nilai Kecelakaan Tank dan Kapal Murni Musibah

"Melalaikan faktor safety itu juga masih diinvestigasi, apakah sudah sesuai aturan atau tidak," jelas dia. 

Tank M113A1 milik TNI AD tenggelam di Sungai Bogowonto, Sabtu, 10 Maret 2018. Tank membawa puluhan siswa pendidikan anak usia dini (PAUD). Dua orang meninggal dalam peristiwa itu.

Dua hari berselang, KMC AD-16-05 milik Kodam Jaya tenggelam di perairan Kepulauan Seribu. Kapal membawa 65 prajurit yang akan mengikuti bakti sosial. Peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa.




(OGI)