Tjahjo Menegaskan tak Ada Program Pemerintah yang Ngibul

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 05 Apr 2018 10:10 WIB
amien rais
Tjahjo Menegaskan tak Ada Program Pemerintah yang <i>Ngibul</i>
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di IPDN - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jatinangor: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menampik tudingan Amien Rais soal program pemerintah bodong. Menurutnya, tak ada satupun program pemerintah yang membohongi masyarakat. 

"Tak ada satupun program yang membohongi masyarakat. Mungkin tokoh (Amien Rais) sedang ngimpi, ngimpi jadi presiden enggak kesampaian lalu bilang ngibul," kata Tjahjo dalam reuni akbar alumni IPDN di Kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Kamis, 5 April 2018.

Ia meminta alumni IPDN yang hadir untuk terus melaksanakan tugas, tak perlu memerhatikan cibiran dan tudingan miring dari pihak lain. Sebab ujungnya, masyarakat yang akan memberikan penilaian.

"Kita harus melakukan pengabdian pada masyarakat dan bangsa. Semua alumni harus siap menerima kritik yang pedas," kata Tjahjo.

Dia menuturkan, pada 2018 dan 2019 Indonesia menghadapi beberapa pesta demokrasi. 58 ribu alumni IPDN yang tersebar di Indonesia diminta ikut menyukseskan agenda-agenda itu. Masyarakat harus diberi pengertian dan ditulari optimisme menyambut Pilkada, Pileg dan Pilpres.

(Baca juga: Kritik Menuai Kritik)

Tjahjo meminta para alumni tak terpengaruh cibiran pihak-pihak lain yang kerap membuat gaduh.

"Jangan buat masyarakat tegang, jangan buat mereka takut, jangan buat Indonesia dihantui fitnah. Ini pesta demokrasi, ajak masyarakat bergembira memilih wakil rakyat yang amanah, yang benar-benar mau bekerja untuk bangsa dan negara," tukas dia. 

Prinsipnya, semua alumni diminta tegak lurus mengejawantahkan visi-misi pemerintah dari pusat hingga ke daerah. Sebagai komponen poros pemerintahan, IPDN dan semua lulusan harus bisa mengamalkan hal tersebut.

"Mudah-mudahan ke depan ada Mendagri dari alumni IPDN. Sehingga mari kita dukung semua program Presiden Jokowi-JK," tandas Tjahjo.

 



(REN)