Kedokteran Gigi Universitas Moestopo Naik Level

   •    Jumat, 13 Jul 2018 19:46 WIB
Akreditasi Perguruan Tinggi
Kedokteran Gigi Universitas Moestopo Naik Level
MI/Immanuel Antonius

Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta meraih akreditasi A atau unggul. FKG Universitas Prof. Dr Moestopo (Beragama) menjadi satu dari 7 FKG di seluruh Indonesia yang menyandang akreditasi A.

Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Rudy Harjanto mengatakan kepada seluruh sivitas akademika agar tidak lekas berpuas diri dengan pencapaian tersebut.  Bahkan dengan status akreditasi unggul yang disandang FKG Moestopo, akan menuntut Universitas untuk meningkatkan dan mempertahankan terus kualitas.

"Jangan terlalu bangga dengan pencapaian ini, tetaplah bekerja dengan hati, tegakkan ibadah, layani masyarakat dengan tulus," ujar Rudy dikutip dari Antara, Jumat, 13 Juli 2018.

Pihaknya, kata Rudy, berupaya untuk terus konsisten dengan semboyan 'Unita Pro Cedunt', yang bermakna bersama meraih sukses.  Dia menjelaskan, upaya memperoleh akreditasi unggul tersebut, dimulai sejak didirikannya Fakultas Kedokteran Gigi di bawah naungan Yayasan Universitas Profesor Doktor Moestopo, pada 15 Pebruari 1962.

Dekan FKG, Budiharto menjelaskan, persiapan akreditasi dilakukan oleh pihak yayasan, rektorat, dosen, karyawan, dan alumni.  "Pencapaian akreditasi A FKG ini kita harapkan menjadi landasan usaha bersama sivitas akademika untuk meningkatkan kualitas layanan masyarakat di bidang pendidikan," ujarnya.

Untuk akreditasi tersebut, pihaknya menyiapkan fasiltas rumah sakit gigi dan Mulut, 128 dental unit, empat guru besar, 70 dosen, dan 21 ruang kuliah. Akreditasi A dengan nilai 368 berhasil diraih Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi, dan Akreditasi A dengan nilai 369 diraih oleh Program Studi Profesi Dokter Gigi.

Pendidikan Spesialisasi yang diselenggarakan adalah Bedah Mulut, Konservasi, Penyakit Mulut, Radiologi, Orthodonsi, Prostodonsia, Kedokteran Gigi Anak, dan Periodonsia. FKG Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) berupaya untuk konsisten melanjutkan perjuangan Mayor Jenderal TNI Prof Dr Moestopo, antara lain dengan berpartisipasi dalam kegiatan 'Jelajah Nusantara'.

Program tersebut bertujuan menyentuh kesadaran masyarakat untuk memelihara kesehatan, sebagai kontribusi bagi prasyarat peningkatan potensi sumber daya.  Saat ini hanya tujuh Fakultas Kedokteran Gigi yang berakreditasi A, yakni FKG Universitas Indonesia Jakarta (didirikan 1954), FKG Universitas Airlangga Surabaya (1928), FKG Universitas Padjadjaran Bandung (1959), FKG Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (1948), FKG Universitas Hasanuddin Makassar (1969), FKG Universitas Trisakti Jakarta (1965), dan FKG Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta (1962).
(CEU)