Rekayasa Lalu Lintas di Silang Monas saat Aksi 2 Desember

Arga sumantri    •    Selasa, 29 Nov 2016 08:33 WIB
unjuk rasa
Rekayasa Lalu Lintas di Silang Monas saat Aksi 2 Desember
Massa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) melakukan unjuk rasa di Jakarta, Jumat (4/11). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas saat aksi 2 Desember. Upaya ini di utamakan di sejumlah ruas jalan seputar kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan, saat 2 Desember, ruas jalan di depan Istana Kepresidenan dipastikan bakal ditutup. "Demikian juga dari Jalan Merdeka Barat sampai depan Istana, itu nanti dilewati kendaraan secara terbatas," kata Boy usai rapat pengamanan aksi 2 Desember di Mapolda Metro Jaya, Senin (28/11/2016) malam.

Peserta unjuk rasa yang datang dari arah selatan, kata Boy, bakal diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan. Lalu, jika massa yang menuju Monas datang dari kawasan Tugu Tani, bakal diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Polisi juga bakal menetapkan titik menurunkan massa dari kendaraan. Hal itu untuk meminimalisasi penumpukkan kendaraan di seputaran Jalan Silang Monas.

"Ada tempat drop para penumpang di jalur Medan Merdeka Selatan, Merdeka Timur, sampai Istiqlal," jelas Boy.

Lokasi parkir bus besar pengangkut massa aksi, disiapkan di Lapangan Banteng. Polisi juga menyiapkan lokasi parkir cadangan di Kemayoran.

"Kami berharap seluruh pengemudi bus besar dari berbagai daerah hendaknya mengikuti arahan petugas lalu lintas," kata Boy.

Rekayasa lalu lintas ruas jalan selain di kawasan Silang Monas, kata Boy, sifatnya masih situasional. Polri bakal menentukannya dengan melihat kondisi yang terjadi nantinya.


(OGI)