Gempa Situbondo Akibat Patahan Back Arc Thrust

   •    Kamis, 11 Oct 2018 09:40 WIB
gempa bumi
Gempa Situbondo Akibat Patahan Back Arc Thrust
Gempa Situbondo. (Foto: Metro TV)

Jakarta: Gempa berkekuatan 6,3 skala richter yang mengguncang wilayah Situbondo dan Sumenep, Jawa Timur, berasal dari aktivitas patahan di zona Back Arc Thrust. Demikian disampaikan Kepala Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Jatmiko.

"Berdasarkan lokasi episentrum dan kedalaman gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diperkirakan akibat aktivitas dari patahan zona back arc thrust," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Metro Pagi Primetime, Kamis, 11 Oktober 2018.

Ia mengatakan berdasarkan informasi yang masuk ke BMKG ada beberapa wilayah yang terdampak signifikan akibat gempa tersebut. Seperti Madura, Situbondo, sampai ke Bali dengan skala intensitas 4 modified mercalli intensity (MMI).

Hingga Kamis pagi, tercatat sudah terjadi gempa susulan dan sebanyak 12 kali dan cenderung tidak dirasakan dengan magnitudo bervariasi mulai dari 2,5-3,5 SR. Terpantau, tren gempa menurun.

"Skala intensitas 4 mmi ini artinya guncangan gempa cukup signifikan dalam arti masyarakat berhamburan keluar rumah dan ada bangunan yang rusak," ungkapnya.

Hary menambahkan gempa sebenarnya tidak terjadi di Situbondo melainkan di laut. Posisinya sebelah utara Pulau Jawa antara Jawa Timur dan Madura. Diperkirakan masih akan ada gempa susulan dengan kekuatan yang tidak terlalu besar.

"Kami imbau masyarakat tetap tenang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim sudah antisipasi dan melakukan mitigasi. Kalau bisa jangan kembali dulu ke rumah sampai kondisinya normal," pungkasnya.




(MEL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA