Presiden Tugaskan TNI Jaga Alat Deteksi Tsunami

Dheri Agriesta    •    Senin, 14 Jan 2019 19:16 WIB
tsunami
Presiden Tugaskan TNI Jaga Alat Deteksi Tsunami
Presiden Joko Widodo. Medcom.id/Desi Angrian

Jakarta: Presiden Joko Widodo menyetujui usulan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo terkait keberadaan alat deteksi dini Tsunami di laut layaknya objek vital nasional yang harus dijaga.

"Bapak Presiden sudah menugaskan Panglima TNI agar mengeluarkan surat perintah bahwa alat-alat ini dijaga oleh unsur TNI," kata Doni usai rapat di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019. 

Doni mengungkap alasan usulan itu. Kata dia alat deteksi dini Tsunami merupakan mata dan telinga pemerintah menghadapi bencana. 

Jika alat itu rusak, masyarakat di pesisir pantai yang terdampak bencana tidak mendapatkan informasi akurat. Pemerintah pun tidak bisa meminimalisir jumlah korban saat bencana menghadang. 

Selama ini alat deteksi dini Tsunami kerap rusak atau dicuri oknum tidak bertanggung jawab. Beragam sosialisasi pun telah dilakukan mencegah masyarakat mencuri alat itu.  

Namun upaya itu dinilai tidak terlalu ampuh. Banyak alat deteksi dini yang dipasang di perairan hilang atau rusak karena tangan jahil. 

"Kalau alat ini tidak berfungsi dan tidak ada yang mengamankan sebanyak manapun alat yang akan digelar itu akan hilang dan rusak, baik karena faktor alam atau manusia," jelas Doni. 

Doni menegaskan pengamanan terhadap alat tersebut diberikan serupa objek vital nasional. Ia bilang pemerintah masih membahas payung hukum terkait penjagaan alat deteksi dini Tsunami.

"Jadi seperti apa aturannya nanti kami coba pelajari, tentunya kita tidak ingin menabrak rambu yang ada," pungkas Doni.



(SCI)