KAHMI Diminta Berperan dalam Pengembangan Wirausaha

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 12 Mar 2018 16:14 WIB
berita dpr
KAHMI Diminta Berperan dalam Pengembangan Wirausaha
Ketua DPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: Antara/Wahyu Putro A.

Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) turut berperan dalam pembangunan. Salah satunya bisa ditunjukkan mengembangkan profesi wirausaha. 

Pria yang juga merupakan anggota Dewan Pakar KAHMI menyebutkan, profesi wirausaha ini masih kurang diminati, khususnya di kalangan anak muda. Menurutnya, wirausahawan muda memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

“Ada pandangan KAHMI itu political oriented, tentu ini tidak sepenuhnya benar. Karena, itu KAHMI periode ini perlu mendorong anggotanya untuk berkiprah dalam profesi wirausaha” kata pria yang akrab disapa Bamsoet dalam keterangan tertulis, Senin, 12 Maret 2017.

Politikus Golkar itu memaparkan, berdasarkan data BPS di tahun 2017, jumlah wirausaha Indonesia baru mencapai 3,1 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 252 juta. 

Dia menilai, rasio ini masih lebih rendah dibandingkan dengan negara lain, seperti Malaysia (5 persen), China (10 persen), Singapura (7 persen), Jepang (11 persen) dan Amerika serikat (12 persen).

Meski bukan tugas yang mudah, namun lulusan Master of Business Administration dari Institut Manajemen Newport Indonesia (IMNI) tahun 1990 itu meyakini Indonesia mampu melahirkan lebih banyak wirausahawa kedepanya. Dalam mewujudkan mimpi itu tentunya dibutuhkan sinergi dari seluruh pihak di negeri ini.

“Semua pihak harus duduk dan  bergerak bersama. Tugas ini penting untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur,” ujar  Bamsoet.


(ROS)