Keunggulan Produk yang Melalui Proses Iradiasi Gamma

Tri Kurniawan    •    Rabu, 15 Nov 2017 15:28 WIB
puspiptek
Keunggulan Produk yang Melalui Proses Iradiasi Gamma
Iradiator Gamma milik Batan. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan

Tangerang Selatan: Iradiasi gamma terhadap produk makanan sangat penting. Proses ini bisa membunuh bakteri dan mengawetkan makanan, tanpa mengubah rasa, warna, dan tekstur. Sehingga, produk lebih berkualitas, daya saing di pasar dalam negeri maupun ekspor jadi meningkat.

Di Indonesia baru ada dua iradiator gamma, salah satunya milik Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pendidikan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang Selatan. Pembangunan laboratorium Iradiator Gamma Merah Putih Batan diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pagi tadi.

Sekretaris Utama Batan Falconi Margono menjelaskan, penggunaan dosis radiasi gamma untuk karantina buah berpedoman pada research protocol menurut international standard for phytosanitary measure (ISPM) Nomor 18 yang diterbitkan international plant protection convention.

Dia mengatakan, produk yang bisa diiradiasi antara lain komoditas buah, hasil pertanian, makanan olahan, dan peralatan medis. Iradiasi gamma pada produk buah dan sayur untuk memenuhi protokol ekspor komoditas holtikultura yakni bebas hama karantina.



Menurut Falconi, negara tujuan ekspor mensyaratkan produk yang masuk harus melalui proses iradiasi. Di Indonesia, lembaga yang memonitor apakah produk untuk ekspor sudah melalui proses iradiasi atau belum adalah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Dibandingkan teknik konvensional, perlakuan fitosanitari dengan radiasi pada buah atau sayuran tidak akan meninggalkan residu bahan kimia, tidak mengurangi kualitas buah atau sayur dan lebih praktis karena radiasi gamma berdaya tembus tinggi. Sehingga iradiasi dapat dilakukan terhadap buah yang sudah dikemas.

"Proses iradiasi menawarkan solusi bagi kualitas produk sayur dan buah segar untuk meningkatkan daya saing produk konsumsi pasar lokal dan ekspor," kata Falconi kepada Metrotvnews.com di kawasan Puspiptek, Rabu 15 November 2017.

Iradiasi juga menawarkan solusi bagi penyediaan makanan siap saji dengan masa simpan panjang, bahkan hingga satu tahun, tanpa mengubah rasa, tekstur, dan sensori makanan lainnya. Saat ini, Batan meneliti gudeg, makanan khas Yogyakarta, karena ada permintaan ekspor.

"Rendang kami iradiasi bisa tahan dua tahun tanpa mengubah rasa dan warna," ujar dia.

Iradiasi pada produk umbi-umbian mampu menghambat pertunasan, sehingga meningkatkan kualitas dan daya saing produk yang membutuhkan waktu pengiriman kepada konsumen.

Iradiasi gamma menggunakan foton berenergi tinggi yang dipancarkan radioisotop Cobalt-60 sangat efektif membunuh mikroorganisme perusak atau membuat mikroorganisme tidak dapat lagi bereproduksi.


Produk yang bisa diiradiasi. Foto: Metrotvnews.com

Pemanfaatan teknik ini secara efektif dapat mensterilkan berbagai macam peralatan medis dari berbagai bahan, kerapatan, atau konfigurasi yang berbeda. Aplikasi sterilisasi sangat efektif digunakan untuk peralatan medis sekali pakai seperti jarum suntik, implan, kateter, sarung tangan bedah, dan kassa.

"Proses serupa juga dimanfaatkan untuk sterilisasi obat-obatan dalam bentuk salep dan larutan serta sterilisasi produk berbasis jaringan biologis," kata Falconi.

Falconi menyampaikan, mayoritas peralatan iradiator gamma diproduksi di dalam negeri, karena itu dinamai Iradiator Gamma Merah Putih. Sedangkan partikel Cobalt diperoleh dari Hongaria. Untuk memproduksi Cobalt, harus memiliki reaktor. Sementara ini, Batan baru memiliki reaktor untuk riset.

Menurut Falconi, proses iradiasi gamma sangat cepat dan mudah. Produk tidak perlu dikeluarkan dari kemasan, karena sinar gamma punya daya tembus tinggi untuk membunuh mikroba.

"Kami perlu mengedukasi masyarakat. Target kami adalah industri, sekarang saja sudah banyak industri yang mau meradiasi produknya," pungkas Falconi.


(TRK)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

11 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA