Ancaman ISIS di Indonesia Dipengaruhi Teror Global

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 16 Jun 2017 13:54 WIB
terorismeisis
Ancaman ISIS di Indonesia Dipengaruhi Teror Global
Ilustrasi ISIS. Foto: Dok/BBC

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia diminta mewaspadai geliat teror global yang terjadi di beberapa kota di Eropa. Pola serangan individu semacam itu akan memengaruhi pola serangan ISIS di Indonesia.

Pengamat Terorisme sekaligus mantan kombatan Ali Fauzi menjelaskan, serangan menabrakkan truk dan penyerangan aparat kepolisian, seperti di London dan Paris akan sangat memengaruhi pola serangan serupa di Indonesia. Meskipun serangan-serangan ini digerakan oleh individu, tapi sejatinya memiliki jaringan yang sama.

"Jadi bagaimana aksi-aksi geliat global akan sangat memengaruhi geliat di Indonesia," kata Ali Fauzi saat dihubungi metrotvnews.com, Jumat 16 Juni 2017.

Yang perlu diwaspadai, Pemerintah Indonesia harus terus memantau perkembangan dan situasi teror dan okupasi kota di Marawi, Filipina Selatan. Jika ke depan terus berkembang dan menjadi basis ISIS di Asia Tenggara, hal itu akan sangat berdampak ke Indonesia sebagai negara tetangga terdekat.

Kata Fauzi, geliat teror dengan pola serangan individu atau lone wolf sulit terdeteksi. Mereka bergerak senyap dan gerakan bawah tanah. Keberhasilan meraka melakukan operasi akan saling menjaga rahasia. Sehingga, aparat kesulitan membongkar jaringan-jaringan lainnya.

Target aksi teror lone wolf semacam ini, adalah kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya. Karena gaung dari keberhasilan teror mereka akan lebih besar dilakukan di kota-kota besar.

"Saya pikir Jakarta masih menjadi ancaman karena Jakarta menjadi pusat kegiatan," kata Fauzi.


(MBM)

Pakar Nilai Sidang KTP-el Setya Novanto Sudah Seharusnya Dilanjutkan

Pakar Nilai Sidang KTP-el Setya Novanto Sudah Seharusnya Dilanjutkan

24 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menilai proses praperadilan Setya Novanto seharusnya gugur…

BERITA LAINNYA