Petugas Jaga Tahanan Kabur Diperiksa Propam

Ilham wibowo    •    Sabtu, 16 Sep 2017 15:46 WIB
tahanan kabur
Petugas Jaga Tahanan Kabur Diperiksa Propam
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 8 tahanan yang kabur dari Polres Jakarta Barat tengah diselidiki Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya. Kasus ini terindikasi terjadi karena kelalaian petugas jaga.

"Terutama yang jaga, ya. Sedang kita periksa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu 16 September 2017.

Argo tak menjelaskan berapa petugas yang berjaga di sel yang diisi 14 tahanan itu. Sanksi akan diberikan sesuai prosedur dan hasil penyelidikan jika petugas terbukti lalai.  

"Kalau salah, ya, ditindak sesuai aturan. Sanksinya ada, mulai dari disiplin dan kode etik, nanti dilihat hasil penyelidikannya," kata Argo.

Argo mengatakan kejadian ini menjadi perhatian penting. Sebab, tahanan yang melarikan diri itu merupakan tahanan kasus narkoba. Tindakan cepat dengan membentuk tim pencari pun telah dilakukan.

"Kita tidak akan menutupi kasus ini. Mudah-mudahan pelaku belum keluar dari Jakarta," ujarnya.

Sebanyak 8 tahanan kabur pada pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Mereka bisa kabur setelah menggergaji terali besi rel dan mengelabui petugas. Satu orang di antaranya ditangkap setelah dipergoki warga.


(UWA)