BNPB: Media Ujung Tombak Mengurangi Risiko Bencana

Candra Yuri Nuralam    •    Kamis, 21 Feb 2019 11:52 WIB
Mitigasi Bencana
BNPB: Media Ujung Tombak Mengurangi Risiko Bencana
Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: Medcom.id/Candra Yuri)

Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut media massa merupakan ujung tombak mengurangi risiko bencana. Kemampuan media menyampaikan informasi dengan cepat terkait bencana membuat masyarakat lebih waspada.

"Peran media sangat besar. Dengan keterbukaan informasi, media adalah ujung tombak bagi kita untuk mengurangi risiko," ujar Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, di Grha BNPB, Jakarta, Kamis 21 Februari 2019.

Doni mengatakan kurun waktu 10 tahun terakhir bencana alam sudah memakan korban sebanyak 11.579 jiwa. Lebih dari 50 persen disebabkan oleh gempa dan tsunami.

"BNPB merangkul media untuk membantu memberikan informasi kepada masyarakat. Setiap daerah memiliki karakteristik berbeda. Kita harus mengurangi korban dan mencegah," ujar Doni.

Baca juga: BNPB Prioritaskan Rehabilitasi Empat Provinsi

Lebih lanjut dia berharap informasi yang diberikan media tidak hanya dampak dari bencana alam yang sudah terjadi. Media diminta juga mengedukasi masyarakat soal pencegahan dan mitigasi bencana.

Salah satu contoh bencana alam yang harus dicegah adalah kebakaran hutan. Karena rata-rata kasus disebabkan oleh kelalaian manusia, edukasi melalui media terkait kebakaran hutan sangat penting di Indonesia.

"Walaupun ada kepala daerah yang tidak setuju 100 persen karena manusia, pemahaman itu tetap perlu," tutur dia.

Doni berharap masyarakat dapat lebih melek dalam penyebaran informasi terkait bencana alam. Terlebih Indonesia merupakan daerah yang masuk dalam kategori rawan bencana.

"Kita hidup di pertengahan lempeng dan di atas cincin api. Mau tidak mau, suka tidak suka harus siap (bencana alam). Kalau kita siap, masyarakat mampu, kenal teknologi, masyarakat akan tau dan mampu mengetahui apa yang dilakukan," pungkasnya.


(MEL)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA