Jokowi Borong Sabun Cuci Peserta PKH Hingga Rp2 Miliar

Desi Angriani    •    Sabtu, 19 Jan 2019 17:47 WIB
jokowipkhdana pkh
Jokowi Borong Sabun Cuci Peserta PKH Hingga Rp2 Miliar
Presiden Joko Widodo memborong sabun cuci - Medcom.id/Desi Angriani

Jakarta: Presiden Joko Widodo memborong 100 ribu botol sabun cuci milik Kelompok Usaha Bersama Padawangi binaan Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) di Desa Padahurip, Banjarwangi, Garut, Jawa Barat. Jokowi merogoh kocek Rp2 miliar untuk membeli ratusan ribu botol itu.

"Saya mau beli 100 ribu botol bisa enggak?," ujar Jokowi kepada Eli Liawati, Ketua Kelompok Kube PKH Padawangi di Garut, Jawa Barat, Sabtu, 19 Januari 2019.

Sontak Eli kaget dan memastikan kembali ucapan Presiden. Jokowi kemudian memberikan uang muka atau down payment (DP) sebesar Rp10 juta sebagai tanda keseriusannya.

"Ini saya kasih DP Rp10 juta. Kapan produksinya bisa selesai," tanya Jokowi.

Dengan wajah penuh haru, Eli mengaku, dapat memenuhi pesanan Jokowi pada akhir Februari nanti. Ia tak menyangka usaha yang baru dirintis dua bulan lalu dari hasil belajar tutorial di internet laku keras.


Eli Liawati, Ketua Kelompok Kube PKH - Medcom.id/Desi Angriani.

Bahkan ia tidak mengetahui keistimewaan produknya hingga menarik Ibu Negara Iriana dan Presiden Jokowi untuk borong. Saat ini, Eli memiliki sedikitnya 40 anggota KUBE PHK yang mampu memproduksi sabun cuci sebanyak 200-300 botol per hari.

Modal awal yang dikeluarkan anggota untuk merintis usaha tersebut sebesar Rp8 juta. Eli menjual satu botolnya Rp20.000 dengan volume 1.000 mili liter (ml).

"Serius kan Pak Jokowi? Akhir Februari nanti kami bisa penuhi 100 ribu botol," jawab Eli.

Eli menuturkan omzet yang diperoleh sebesar Rp2 miliar tersebut akan digunakan untuk mengembangkan usaha. Termasuk memberangkatkan anggota keluarga dan anggota KUBE PHK-nya umrah ke Tanah Suci.

"Buat mengembangkan usaha dan umrah orang tua, anggota PHK. Saya ucapkan terima kasih semoga jadi Presiden lagi," ungkap Eli saat berbincang dengan Medcom.id.
 


(REN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA