Kemensos Jamin Bencana Direspons Cepat

Fachri Audhia Hafiez    •    Rabu, 11 Jul 2018 12:39 WIB
bencana
Kemensos Jamin Bencana Direspons Cepat
Staf Khusus Kemensos M Alfan Alfian. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) menjamin tiap bencana direspons cepat. Negara dipastikan hadir ketika musibah melanda warga. 

"Sudah menjadi kewajiban respons bencana alam dan sosial. Kemensos itu punya tanggung jawab merespon itu dengan cepat," kata Staf Khusus Kemensos M Alfan Alfian kepada Medcom.id di sela-sela seminar di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 11 Juli 2018.

Alfian mencontohkan bantuan kepada korban tenggelam Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara dan kandasnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan. Keluarga korban mendapatkan santunan.

"Untuk ahli waris korban yang meninggal mendapatkan santunan Rp15 juta dan korban selamat sebesar Rp2,5 juta," ujar dia.

Baca: Jusuf Kalla Terima Penghargaan Lifetime Achievement Bidang Kebencanaan

Alfian mengatakan Menteri Sosial Idrus Marham selalu mengecek ke lokasi bencana. Dia ingin memastikan bantuan yang diterima korban digunakan sebagaimana mestinya.

"Hampir 80 persen waktu Pak Idrus itu di luar. Tidak hanya merespons bencana, tapi memastikan bantuan itu dapat merasakan manfaatnya," ujar Alfian.

Dia menambahkan besarnya bantuan tak ternilai dengan rasa empati dan peran serta tanggung jawab pemerintah. "Bantuan itu sudah standar kelayakan seperti yang diatur dalam perundang-undangan," pungkas Alfian.


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA