Alasan Pansus Tambah Waktu Pembahasan Revisi UU Terorisme

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 17 Apr 2017 16:09 WIB
berita dpr
Alasan Pansus Tambah Waktu Pembahasan Revisi UU Terorisme
Ilustrasi. (Foto:Antara/Noverandika)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Pansus Revisi Undang-undang Terorisme Muhammad Syafii membantah terjadi kebuntuan atau hambatan pembahasan revisi UU Nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. 

"Enggak ada yang mandek, semua lancar-lancar saja," kata Syafii, saat ditemui di Gedung Nusantara II kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 14 April 2017.

Politikus Gerindra itu mengungkapkan, alasan penambahan masa pembahasan karena waktu yang disediakan tidak cukup. Sebab, banyak dinamika yang ditemukan dan masukan yang diterima oleh Pansus.

"Waktu tidak cukup karena antara materi revisi yang diajukan dengan perkembangan persoalan yang muncul hampir 100 persen perkembanganya. Oleh karena itu dibutuhkan rapat dengan lebih banyak mitra dan menambah banyak pasal,"jelasnya.

Salah satunya, sebut Syafii, yaitu mengenai penguatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Selain itu, muncul juga usulan mengenai pembentukan lembaga pengawas BNPT. "Kemudian penanganan korban yang lebih sederhana," ungkap dia.

Syafii menjelaskan, beberapa usulan yang disebutkan diatas belum ada dalam materi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Sehingga, dibutuhkan pembahasan yang lebih komperhensif jika memang akan dimasukan dalam revisi.

"Selama ini kan belum masuk, jadi membutuhkan banyak waktu," ucapnya.


(ROS)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

29 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA