TNI dan Polri Dipastikan Dapat Tambahan Cuti Bersama

M Rodhi Aulia    •    Senin, 19 Jun 2017 12:06 WIB
liburan
TNI dan Polri Dipastikan Dapat Tambahan Cuti Bersama
Ilustrasi--Sejumlah anggota Polri dan prajurit TNI mengikuti apel gabungan pergeseran pasukan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Selasa (18/4)--ANTARA/Rivan Awal Lingga

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Jokowi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama tahun 2017. Dalam keputusan itu, pemerintah menambah satu hari pada tanggal 23 Juni sebagai cuti bersama Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) mengatakan TNI dan Polri juga mendapatkan cuti tambahan bersama. Tidak hanya PNS.

"TNI dan Polri juga bisa merefer Keppres tersebut untuk mendapatkan tambahan cuti bersama," kata Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN dan RB Rini Widyantini dalam keterangan tertulis, Senin 19 Juni 2017.

Baca: Pemerintah Revisi Hari Libur Dan Cuti Bersama Tahun 2017

Rini menjelaskan pihaknya menelaah bunyi putusan dalam Keppres pada diktum pertama. Dalam diktum tersebut tidak ada pemberlakuan cuti tambahan dikhususkan bagi PNS. "Maka artinya aparatur negara di luar PNS, yakni TNI dan Polri mendapatkan cuti bersama juga," beber dia.

Rini menambahkan, dalam diktum kedua terdapat kekhususan bagi PNS. Yaitu, cuti bersama tersebut tidak mengurangi hak cuti tahunan, ditujukan khusus untuk PNS.

Presiden Jokowi menandatangani Keppres ini pada 15 Juni 2017. Dalam Keppres, Jokowi menetapkan cuti bersama tahun 2017.

Yaitu pada 23 (Jumat), 27 (Selasa), 28 (Rabu), 29 (Kamis), dan 30 (Jumat) Juni 2017 sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Dan pada 26 Desember 2017 (Selasa) sebagai cuti bersama Hari Raya Natal.

Sebelumnya, cuti bersama tahun ini diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri. Yaitu MenPAN dan RB, Menaker dan Menag.

Dalam SKB itu cuti bersama berlaku pada 27, 28, 29 dan 30 Juni 2017. Namun setelah terbitnya Keppres, cuti bersama ditambah satu hari, yaitu 23 Juni.


(YDH)

Selamatkan Partai, Novanto Diminta Tempuh Praperadilan

Selamatkan Partai, Novanto Diminta Tempuh Praperadilan

2 hours Ago

Status tersangka Novanto dinilai akan memengaruhi partai dalam kontestasi politik yang akan dat…

BERITA LAINNYA