Karya Mural Seniman Indonesia Ramaikan Kongres Kebudayaan

Citra Larasati    •    Jumat, 07 Dec 2018 14:38 WIB
kebudayaan
Karya Mural Seniman Indonesia Ramaikan Kongres Kebudayaan
Karya Mural seniman Indonesia dipamerkan di halaman kantor kemendikbud, sebagai bagian rangkaian Kongres Kebudayaan Indonesia 2018, Medcom.id/Citra Larasati.

Jakarta: Beragam karya seniman mural turut ditampilkan dan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Kongres Kebudayaan di halaman kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta.  Karya mural tersebut mengambil tema dari 10 objek pemajuan kebudayaan.

Berbagai ragam budaya Indonesia mewarnai kegiatan Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) di halaman  Kompleks Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta, yang dibuka sejak 5 Desember 2018 kemarin. 

Kegiatan yang berlangsung untuk umum itu diminati masyarakat berbagai kalangan, baik pegawai, mahasiswa hingga budayawan. Salah satu kegiatan yang dinikmati masyarakat seni lukis di lingkungan Kemendikbud. 

"Sebanyak 30 seniman dari berbagai daerah menghadirkan mural dengan ragam tema yang diambil dari 10 objek kebudayaan," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid di Jakarta, Jumat, 7 Desember 2018.

Hilmar menyebutkan, berbagai kegiatan yang berlangsung di Kemendikbud merupakan bagian dari kegiatan Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) "Ada seminar dari pembicara terkemuka, pertunjukan, tentunya semua dalam rangkaian Kongres Kebudayaan," jelas Hilmar.

Baca: 300 Dokumen PPKD Siap Diserahkan ke Presiden

Termasuk, kata Hilmar, para seniman yang membuat mural, mereka melukis mengikuti tema yang diangkat dalam karya mural.   Tema diambil dari 10 objek kebudayaan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

Ke-10 objek kebudayaan itu adalah permainan rakyat, olahraga tradisional, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, adat istiadat, manuskrip, tradisi lisan, seni, bahasa, dan ritus " papar Hilamar. 


(CEU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA