Perayaan HUT Bhayangkara Tahun Ini Berbeda

Ilham wibowo    •    Rabu, 11 Jul 2018 12:43 WIB
polri
Perayaan HUT Bhayangkara Tahun Ini Berbeda
Upacara HUT ke-72 Bhayangkara di istora Senayan - Medcom.id/Ilham Wibowo.

Jakarta: Puncak perayaan HUT ke-72 Bhayangkara berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, kegiatan dilaksanakan sederhana dengan syukuran bersama pimpinan negera. 

"Kami mohon izin untuk menyampaikan bahwa tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan di tempat terbuka dengan parade pasukan dan demonstrasi ketangkasan," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam sambutan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018. 

Peringatan Hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia hari ini, Rabu, 11 Juli 2018. Tito mengatakan Polri saat ini lebih memprioritaskan Operasi Mantap Praja Pengamanan Pilkada yang masih belum tuntas.

"Tahun ini dilaksanakan secara indoor di Istora Senayan. Hal ini untuk memberikan nuansa lain yang lebih sipil karena Polri pada dasarnya adalah institusi sipil berseragam," tutur dia. 

Kegiatan puncak acara dilaksanakan dengan upacara syukuran yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. Selain pemaparan sambutan, acara juga diisi pemberian penghargaan personel terbaik serta pemotongan tumpeng. 

"Pemilihan Istora sebagai tempat acara juga untuk mendukung promosi Asian Games 2018 karena Istora merupakan salah satu venue utama, yang telah direnovasi optimal atas instruksi Bapak Presiden," imbuh dia. 

Dalam kesempatan itu, Tito juga mengajak semua undangan yang hadir mengenang dan mendoakan personel Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan dalam negeri. Belasungkawa diberikan kepada dua anggota Polda Papua atas nama Iptu Anumerta Jesayas Hentjie Nussy dan Bripka Anumerta Sinthon Kabarek. 

Kedua anggota tersebut gugur saat melaksanakan pengamanan kotak suara di Distrik Torere, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, 27 Juni 2018, dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan balasan yang setimpal atas seluruh pengorbanan, perjuangan, dan pengabdian yang telah diberikan, serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan, Amin," ucap Tito. 




(REN)