Kemenhub akan Ubah Konstruksi Tanjakan Emen

Cahya Mulyana    •    Selasa, 13 Mar 2018 17:19 WIB
kecelakaan lalu lintas
Kemenhub akan Ubah Konstruksi Tanjakan Emen
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto; Medcom.id/Juven

Jakarta: Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengubah kontruksi tanjakan emen, Subang, Jawa Barat. Jalan akan dibuat lebih landai agar aman dan nyaman. Perbaikan konstruksi ditargetkan selesai dalam empat bulan.
 
"Kita sudah bicara ke Pemda Jabar untuk melakukan perubahan kontruksi tanjakan Emen supaya lebih aman, nyaman juga landai dan sekarang sudah masuk konstruksi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung DPR, Selasa 14 Maret 2018.
 
Tidak hanya itu, jumlah rambu lalu lintas di tanjakan yang kerap memakan korban jiwa itu akan diperbanyak.
 
"Ini sedang konstruksi, mungkin 3-4 bulan yang akan datang tanjakan itu berubah Jauh lebih rendah, lebih aman, lebih lebar berikut rambunya juga," katanya.

Baca: Pemerintah Pusat Diminta Perbaiki Tanjakan Emen

Kecelakaan kembali terjadi di kawasan tanjakan Emen, Kampung Cicenang, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Senin, 12 Maret 2018. Kecelakaan menimpa sebuah minibus travel bernopol E 7548 PB dan menyebabkan empat penumpang luka berat dan 12 lainnya luka ringan.
 
Mobil travel mengangkut rombongan salah satu rumah makan di Indramayu dari arah wisata Gunung Tangkuban Parahu menuju Indramayu. Tepat, di turunan jalan tersebut kendaraan kehilangan kendali, membentur kiri jalan dan akhirnya terbalik.
 
Tidak sekali kecelakaan terjadi di turunan dan tanjakan Emen. Kecelakaan maut terjadi di tanjakan Emen pada Sabtu, 10 Februari 2018.
 



(FZN)