Penolakan Ustaz Somad Harus Dijelaskan agar Spekulasi tak Berkembang

M Rodhi Aulia    •    Minggu, 24 Dec 2017 18:34 WIB
deportasi
Penolakan Ustaz Somad Harus Dijelaskan agar Spekulasi tak Berkembang
Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini/Dok.Fraksi PKS

Jakarta: Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengaku heran dengan pemulangan paksa atau 'deportasi' Ustaz kondang Abdul Somad dari Hong Kong. Jazuli mendesak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memberi penjelasan terkait 'deportasi' tersebut.

"Saya heran ada masalah apa Ustaz Somad dilarang masuk Hong Kong untuk berdakwah? Saya kira ini yang harus diklarifikasi agar tidak berkembang prasangka dan spekulasi," kata Jazuli dalam siaran pers, Minggu, 24 Desember 2017.

Anggota Komisi I DPR ini mengakui memang hak setiap negara untuk menolak siapa saja masuk ke dalam wilayah negaranya. Tapi setidak-tidaknya, lanjut dia, seharusnya ada keterangan yang jelas dari otoritas imigrasi Hong Kong perihal penolakan Somad tersebut.

"Semestinya jika tidak masuk dalam daftar cekal atau black list, seseorang bisa masuk ke dalam suatu negara," ucap dia.

Jazuli mendesak Kemlu dengan kewenangan yang dimilikinya dapat mendapatkan penjelasan dari pihak Hong Kong. Penjelasan dari pihak Hong Kong yang didapatkan Kemlu dinilai sangat penting.

"Agar tidak berkembang spekulasi macam-macam," ucap dia.

Jazuli berharap Ustaz Somad dapat kembali ke Hong Kong untuk menyampaikan ceramah di hadapan WNI di sana. Apalagi ceramah itu merupakan undangan dari WNI setempat.








(DHI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA