Menkominfo: Festival Belanja Daring Torehkan Sejarah Baru

Sunnaholomi Halakrispen    •    Kamis, 20 Sep 2018 04:50 WIB
belanja online
Menkominfo: Festival Belanja Daring Torehkan Sejarah Baru
Generasi millennial merupakan orang-orang yang terbiasa dengan kecepatan dan kemudahan sehingga menjadi target besar untuk disasar. (Foto: Courtesy Insideretail.asia

Jakarta: Festival belanja online lewat perangkat seluler bertajuk Festival 9.9 Super Shopping Day yang digelar oleh 14 e-commerce berhasil menggaet empat kali lipat jumlah pembeli online. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, hal tersebut torehkan sejarah baru..

"Festival 9.9 Super Shopping Day berhasil menorehkan sejarah baru dalam industri e-commerce Indonesia sebagai salah satu festival belanja online terbesar di Indonesia," ujar Rudiantara dilansir dari Antara, Rabu, 19 September 2018.

Ia memaparkan, kegiatan tersebut telah berhasil mendorong revolusi industri 4.0 Indonesia melalui e-commerce dengan meningkatnya jumlah pembeli online dalam waktu singkat. Ia berharap agar hasil dari festival belanja online itu dapat lebih menginspirasi para UMKM untuk melakukan perdagangan sistem online.

"Kami berharap hasil Festival 9.9 Super Shopping Day dapat menginspirasi lebih banyak lagi para pelaku UMKM untuk 'go-online'. Tingginya jumlah perdagangan online diharapkan dapat menjadi faktor pendorong utama untuk memajukan industri revolusi 4.0 dan guna mencapai target ekonomi digital Indonesia sebesar 130 miliar dolar AS di 2020," tuturnya.

Dalam survei Indonesia e-commerce Mapping 2018, tercatat sejumlah fakta mengenai kegiatan yang diadakan selama dua pekan tersebut, mulai 27 Agustus hingga 9 September 2018. Salah satunya, pengguna e-commerce terbanyak secara berurutan tersebar di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara.

Kemudian, fitur gratis ongkos kirim menjadi faktor pendorong utama minat belanja online di Indonesia. Sementara transfer ATM merupakan metode pembayaran terfavorit untuk transaksi di platform e-commerce.

Tingginya permintaan akan produk lokal juga tercatat dalam festival belanja tersebut yang mencapai 69,94 persen. Sejalan dengan hal ini, para pelaku e-commerce menunjukkan dukungannya yang luar biasa dengan menyediakan 72,59 persen produk lokal selama festival belanja.

Festival 9.9 Super Shopping Day diikuti oleh 14 e-commerce ternama, termasuk Berrybenka, Bhinneka, e-mas, Fabelio, HappyFresh, Hijabenka, Honestbee, Jakmall, Lemonilo, ORORI, Ruparupa, Shopee, ShopBack, dan VIP Plaza. Kategori gadget, komputer dan aksesoris, fesyen wanita dan pria, merupakan tiga kategori paling populer selama festival berlangsung.


(LDS)

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

2 weeks Ago

Jakarta: KPK menahan anggota DPR dari Fraksi Golkar Markus Nari, Senin, 1 April 2019. Markus me…

BERITA LAINNYA