Warga Taman Kota Ditawari Rusun Jatinegara Kaum

Intan Yunelia    •    Jumat, 13 Apr 2018 19:20 WIB
kebakaran
Warga Taman Kota Ditawari Rusun Jatinegara Kaum
Korban kebakaran di Taman Kota, Kembangan, Jakarta Barat, mulai membangun kembali rumahnya. Foto: Medcom.id/M Al Hasan.

Jakarta: Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah (DPGP) DKI Jakarta belum bisa menempatkan korban kebakaran Taman Kota ke Rusunawa Rawa Buaya karena terganjal peraturan gubernur (pergub). Sebagai alternatif, mereka ditawari relokasi ke Rusun Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. 

"Dinas Perumahan menawarkan rusun Jatinegara Kaum yang lokasinya cukup strategis karena di pinggir jalan raya dan berdekatan dengan stasiun KA Klender," kata Kepala Seksi Penertiban Kawasan Pemukiman DPGP Ilman Bastian kepada Medcom.id, Jumat, 13 April 2018.

Ilman menuturkan kondisi Rusun Jatinegara Kaum cukup baik karena baru dibangun. Satu kamar bertipe 36 dengan dua kamar tidur.

Harga sewanya pun lebih murah, dibandingkan dengan Rusun Rawa Buaya yang belum ditetapkan tarifnya. Sebab, peraturan gubernur soal tarif Rusunawa masih dirumuskan.  

Dia memastikan Rusun Jatinegara Kaum siap menampung. Namun, Wali Kota Jakarta Barat diminta untuk mengusulkan lebih dulu kebutuhan unitnya. 

(Baca juga: Korban Meyakini Kebakaran Taman Kota Murni Musibah)

"Secara fisik Rusunawa Rawa Buaya memang telah selesai, namun belum bisa dihuni," pungkas dia. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memberikan dispensasi buat korban kebakaran Taman Kota, Jakarta Barat. Mereka akan direlokasi ke Rusun Rawa Buaya Utara karena lahan yang mereka tempati milik Pemprov DKI.

"Karena itu tanah milik Pemprov DKI. Mereka sudah lama diberikan kesempatan tinggal di sana bertahun-tahun. Sekarang sudah ada rusun dan sudah dapat kesempatan lagi. Mereka akan mendapatkan tempat yang jauh lebih layak di Rusun Rawa Buaya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Kamis, 12 April 2018.

Meski banyak warga menolak direlokasi, Sandiaga tetap memaksa mereka pindah. Pemerintah Kota Jakarta Barat sudah melakukan sosialisasi kepada warga. 

(Baca juga: Warga Taman Kota Belum Tahu akan Direlokasi)
 


(REN)

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

4 hours Ago

Penyitaan akan dilakukan jika mantan Ketua DPR RI itu tidak dapat mengembalikan uang ganti rugi…

BERITA LAINNYA