Menpan RB Laporkan Penerimaan Hakim dan PNS kepada Presiden

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 22 Aug 2017 12:14 WIB
pns
Menpan RB Laporkan Penerimaan Hakim dan PNS kepada Presiden
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur -- ANT/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mendatangi Kompleks Istana. Dia melaporkan masalah penerimaan hakim dan pegawai negeri sipil (PNS) kepada Presiden Joko Widodo.

"Totalnya kalau hakim itu 1.600, kemudian termasuk juga penjaga lapas, kemudian imigrasi. Tahun ini, kan sekarang lagi proses pendaftaran," kata Asman di Kompleks Istana, Jakarta Selasa 22 Agustus 2017.

Menurut dia, proses penerimaan PNS ini sudah berjalan. Tes awal pun akan berlangsung pada 1 Oktober mendatang.

Dia juga menuturkan, pemerintah maaih menggodok permintaan Kementerian Keuangan yang menginginkan tambahan 7.000 PNS. Begitu pula permintaan dari kementerian lainnya. 

"Nanti saatnya saya umumkan," ungkap mantan politikus PAN tersebut.

Seperti diketahui, penerimaan PNS tahun ini difokuskan kepada Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pertimbangan utama karena adanya peningkatan beban kerja serta banyaknya PNS yang memasuki usia pensiun pada dua lembaga ini.

Di Mahkamah Agung, pemerintah membuka lowongan 1.684 untuk calon hakim baru. Di Kemenkumham, pemerintah membuka lowongan untuk 17.526 calon pegawai baru, dengan 14.000 di antaranya untuk calon penjaga lembaga pemasyarakatan.

Dalam penerimaan CPNS kali ini, pemerintah juga memberi 468 lowongan yang diprioritaskan untuk lulusan dengan predikat cum laude, serta 301 lowongan yang diprioritaskan untuk putra-putri dari Papua dan Papua Barat. Seleksi penerimaan CPNS menggunakan sistem computer assisten test (CAT).




(REN)