Pantau Relokasi, Pimpinan DPR Datangi Kampung Aquarium

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 23 Sep 2016 15:07 WIB
berita dpr
Pantau Relokasi, Pimpinan DPR Datangi Kampung Aquarium
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia P)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melakukan kunjungan ke rumah susun sewa sederhana (rusunawa) Rawa Bebek, Pulaugebang, Cakung, Jakarta Timur, pada Jumat, 16 September 2016, kini ia akan melakukan kunjungan ke kampung Aquarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Saya akan mengunjungi Kampung Aquarium. Ini kelanjutan dari kunjungan saya, minggu lalu. Saya ingin melihat bagaimana keadaan di sana, saat ini," ujar Fadli Zon, saat ditemui di Nusantara III DPR RI, Jakarta, Jumat (23/9/2015/6).

Kunjungan tersebut merupakan lanjutan dari pertemuannya dengan aktivis Ratna Sarumpaet pada Kamis, 15 September 2016. Ratna mengadukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena melakukan relokasi tempat tinggal warga DKI Jakarta. Ia menilai jika Ahok tidak memberikan tempat yang layak bagi warga kampung Aquarium setelah digusur.

Ratna menyampaikan, pada Sabtu, 11 September 2016, terdapat 5 ribu aparat yang terdiri atas ribuan pasukan Angkatan Bersenjata dengan perlengkapan perang, ribuan Polisi Anti Huru-hara (PIM) yang sangar, ditambah ribuan Satpol PP beringas, mengawal buldozer beraksi tanpa ampun dalam meratakan rumah-rumah warga Kampung Akuarium, Pasar Ikan, Jakarta Utara.

"Alasan relokasi Ahok umumnya untuk  membuat taman dan akses jalan, demi menaikkan harga tanah dan menaikkan harga apartemen sekitar. Kampung Akuarium tidak pernah banjir, tapi tetap digusur Ahok," ujar Ratna, saat itu.


(ROS)

Video /