Menteri Yohana Minta Sekolah 5 Hari tak Diterapkan ke Semua Sekolah

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 16 Jun 2017 01:32 WIB
pendidikan
Menteri Yohana Minta Sekolah 5 Hari tak Diterapkan ke Semua Sekolah
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise--Metrotvnews.com/Riyan Ferdianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise memandang, penerapan sekolah lima hari yang diberlakukan pada tahun ajaran 2017-2018 harus memerhatikan letak geografis. Hal itu demi keselamatan anak-anak.

Menurut Yohana, jangan sampai mereka pulang sekolah terlalu sore, sehingga bisa membahayakan diri masing-masing. Sebab, Indonesia mempunyai banyak daerah yang masih membutuhkan perhatian khusus.

"Ada daerah anak-anaknya yang harus jalan kaki berkilo-kilo untuk sampai ke sekolah. Kalau dia pulang jam empat sore kan mereka sampai ke rumah pasti malam hari. Kita harus jaga mereka jangan sampai mengalami kekerasan saat pulang," kata Yohana dikutip dari Antara, Jumat 16 Juni 2017.

Maka dari itu, Yohana menginginkan, sistem sekolah lima hari dalam sepekan tidak langsung diterapkan di semua sekolah. Sebaiknya, dibuat contoh dulu di beberapa daerah, dengan begitu bisa dapat hasilnya yang jelas.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad menyatakan, sekolah lima hari dalam seminggu akan diberlakukan secara bertahap.

"Sekolah yang sudah siap dapat menerapkan sekolah delapan jam sehari ini pada tahun ajaran baru, bagi yang belum siap akan diberlakukan secara bertahap," ungkap Hamid.

Hamid menjelaskan, ada sekitar 9.300 sekolah yang siap menerapkan sekolah lima hari dalam sepekan. Sekolah-sekolah yang dinyatakan dapat mengikuti sistem tersebut, sebelumnya telah dinilai oleh dinas pendidikan di daerah masing-masing.

Sekolah yang belum dapat melaksanakan sistem tersebut, karena keterbatasan sarana dan prasarana pemerintah akan membantu sekolah-sekolah tersebut.

Sementara itu sekolah yang dapat melaksanakan sistem itu karena alasan keamanan maka sekolah tersebut tidak dipaksakan menerapkan belajar lima hari dalam sepekan.


(REN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA