Bagaimana Cara Kontribusi Meningkatkan Minat Baca Anak Indonesia?

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 17 Apr 2017 07:13 WIB
bukuuntukindonesia
Bagaimana Cara Kontribusi Meningkatkan Minat Baca Anak Indonesia?
Membaca selama 15 menit sebelum kelas dimulai akan mendorong siswa menyukai buku (Foto:AFP/Adek Berry)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia memiliki tantangan menumbuhkan budaya literasi, termasuk minat baca. Sekolah memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat baca anak. Sebab, sebagian besar waktu anak dihabiskan di sekolah.

Harian nasional terbitan Tokyo, Jepang, Yoshiko Shimbun memuat sebuah tulisan bagaimana sekolah berperan dalam membentuk kebiasaan membaca di negara tersebut. Para guru mewajibkan siswa untuk membaca selama 10 menit sebelum kegiatan belajar dimulai.

Sebenarnya Indonesia juga telah menerapkan hal yang sama melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Isi Permendikbud menyebutkan, seluruh siswa wajib membaca buku non-pelajaran (pengetahuan umum) sekitar 15 menit sebelum kelas dimulai.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dadang Sunendar mengatakan, sudah banyak sekolah yang mulai menerapkan aturan tersebut. Namun, yang menjadi tantangan adalah tidak semua sekolah mempunyai koleksi buku lengkap dan memadai. Masih banyak perpustakaan sekolah yang koleksi bukunya lawas, tidak mengikuti perkembangan zaman, bahkan tampilan fisik bukunya pun usang.

Membaca selama 15 menit sebelum kelas dimulai bukan hanya baca buku pelajaran saja, tetapi juga buku lain yang mendorong siswa agar menyukai membaca," ujar Dadang Sunendar, dalam sebuah diskusi, di Jakarta, belum lama  ini.

Dalam meningkatkan minat, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk komunitas dan masyarakat.

Sebagai bagian dari masyarakat, Anda dapat terlibat langsung  dan berkontribusi melalui gerakan #BukuUntukIndonesia. Langkah kebaikan Anda bisa dimulai dengan mengunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com. Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke page Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.

Dengan berbagi minimal Rp100 ribu Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Nantinya, dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.


(ROS)