Festival Seni Narapidana Diharapkan Beri Dampak Positif

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 24 Apr 2018 05:33 WIB
narapidanalembaga pemasyarakatan
Festival Seni Narapidana Diharapkan Beri Dampak Positif
Festival seni narapidana di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Foto: MI/Susanto

Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly berharap festival seni narapidana atau  Indonesia Prison Art Festival (IPAFest) 2018, bisa memberikan makna positif. Utamanya, bagi kelangsungan hidup para warga binaan lembaga pemasyarakatan.

"Dampak positifnya dapat dimaknai sebagai pencapaian dari penyamarataan revolusi mental. Yang di antaranya perubahan perilaku yang lebih baik, lebih berintegritas, dan menjadi anak bangsa yang bisa berkontribusi untuk negara dan bangsa," kata Yasonna di lokasi acara, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Senin, 23 April 2018.

Baca Juga: Ratusan Napi Pamer Karya di IPAFest 2018

Bagi Yasonna festival ini sangat spektakuler dan berarti. Terlebih, ajang yang menjadi wadah unjuk keterampilan ini diprakarsai oleh ratusan napi dari lapas dan rutan di seluruh Indonesia. "Dan dihadirkan kepada masyarakat luas," ujarnya.

Yasonna berharap, lewat kegiatan ini bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa lembaga pemasyarakatan bukan penghalang untuk berkreativitas. Festival ini juga diharapkan mampu memudarkan stigma lapas sebatas lokasi penghukuman.

Baca Juga: Wiranto Harap IPAFest 2018 Pacu Semangat Hidup Napi

"Mereka akan mengekspresikan karya seni di hadapan masyarakat untuk membuktikan bahwa walau tempat terbatas, tapi karya melintas tanpa batas, dalam dunia realitas," ujar Yasonna.

Festival seni narapidana diisi pameran lukisan, pameran arsip pemasyarakatan, fotografi sisi lain dari dunia pemasyarakatan serta ragam hasil karya para napi. Sebanyak 33 lapak kuliner berupa makanan dan minuman khas dari berbagai wilayah di Indonesia hasil masakan narapidana juga tersedia. Total ada sekitar 450 napi dari 35 lapas turut ambil bagian.


(AGA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA