Bachtiar tak Akan Berhenti Menentang Kebijakan Donald Trump

Siti Yona Hukmana    •    Jumat, 11 May 2018 20:08 WIB
donald trumppalestina israel
Bachtiar tak Akan Berhenti Menentang Kebijakan Donald Trump
Dewan Pembina GNPF-Ulama Bachtiar Nasir - Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Jakarta: Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama) Bachtiar Nasir menegaskan tak akan berhenti menentang kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Salah satunya, kebijakan Trump yang mendukung pemindahan Ibu Kota Israel ke Palestina.

"Saya kira dunia tidak akan berhenti, semua akan berlanjut. Berbagai cara akan dilakukan untuk menentang kebijakan itu. Apakah dari sisi diplomatik, sisi hukum, advokasi, sisi media dan kemanusiaan," kata Bachtiar Nasir di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Mei 2018.

Dia menyatakan akan melakukan tindakan-tindakan lain jika Trump tetap melanjutkan kebijakan tersebut. "Boleh jadi akan ada kelompok tertentu yang akan melakukan tindakan-tindakan untuk menuntut Amerika agar menghentikan keputusannya," ungkapnya. 

Atas kebijakan Presiden AS ini, dia tak memungkiri bahwa pemerintah telah melakukan beberapa tindakan untuk menentang kebijakan itu. Namun, hingga kini upaya itu dinilainya belum berhasil.

"Pemerintah saat ini saya kira sudah berulang-ulang membuat pernyataan dan Menteri Luar Negeri (Menlu) sudah membuka konsulnya, tapi  akhirnya negara juga menghadapi tantangan dan penghinaan dari Israel," ucapnya. 

Pada kesempatan itu, Bachtiar juga mengajak rakyat Indonesia bersatu dan mendukung pemerintah untuk menjalankan Undang-undang Dasar (UUD) 1945. "Dalam UUD itu, disebutkan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan," pungkasnya.


(JMS)